Tips Membuat Profil UMKM yang Menarik

Membuat profil UMKM yang memukau bagi pelanggan dan investor sebenarnya sangatlah mudah. 

Pengusaha UMKM tidak perlu mengeluarkan biaya puluhan juta hanya untuk menampilkan profil UMKM usahanya sendiri. 

Kini di zaman digital internet, pengusaha UMKM bahkan bisa dikenal hanya dengan satu akun media sosial saja. 

Sama halnya dengan kalangan influencer dan selebgram, mereka bisa dikenal karena hanya memiliki akun media sosial dengan jumlah pengikut (follower) yang mencapai angka ribuan hingga jutaan bukan?

Nah, cara ini bisa ditiru oleh pengusaha UMKM. Profil UMKM pdf bisa dibuat oleh pengusaha UMKM tanpa harus mencari follower ribuan. 

Tapi cukup dengan mengikuti tahapan-tahapan di bawah ini, maka usaha UMKM dapat dikatakan memiliki profil UMKM yang baik dan dapat dikenal atau dikenali publik. 

Berikut langkah-langkah membangun reputasi branding UMKM yang baik dan mudah tanpa mengeluarkan biaya yang besar: 

  • Memiliki Company Profile

Company Profile atau profil usaha dapat dibuat dalam bentuk brosur atau electronic brosur. Dua hal ini perlu diperhatikan oleh pengusaha UMKM. Jika memiliki anggaran untuk membuat brosur cetak, maka dapat mencetak brosur. Sementara jika ingin efektif dan hemat dapat membuat company profile dalam bentuk elektronik. Profil UMKM pdf saat ini mudah ditemui di internet. Contoh pengisian profil UMKM dalam company profile meliputi jenis dan bentuk usaha serta legalitas, jenis dan bentuk produk dan layanan serta cara pemesanan. Jika tatacara berinteraksi atau pemesanan produk/jasa melalui telepon, whatsapp atau sarana lain. 

  • Memiliki Website Landing Page

Jika membuat profil UMKM berbentuk landing page banyak orang berpikiran susah dalam membuat website. Maka Anda perlu membuka pikiran lebar-lebar, kini hanya dengan seharga secangkir kopi pengusaha UMKM dapat membuka website/blog sendiri. Ini bukan blog berbentuk blogspot atau wordpress, melainkan website yang sudah terintegrasi dengan domain. Kira-kira berapa harga membeli kopi jika dibandingkan dengan membuat profil UMKM kopi? Kebanyakan orang menganggap bahwa harga membuat profil UMKM lebih mahal. Padahal bisa jadi sama saja dan bahkan lebih murah. Harga secangkir kopi di kafe mahal sekitar Rp50.000 sampai Rp100.000 sementara harga secangkir kopi di kedai kopi lokal sekitar Rp30.000. Dengan uang yang sama sebesar Rp100.000, maka pengusaha UMKM dapat membuat profil website dengan ekstensi .com, misalnya www.kedaikopi.com, sementara harga lebih murah lagi menggunakan ekstensi .web.id, misalnya: www.kedaikopi.web.id. Jika Anda rajin-rajin mengamati situs hosting atau domain, bahkan domain dengan harga lebih murah misalnya: .my.id bahkan bisa dijual dengan harga Rp10.000. dengan uang semurah itu Anda bisa membuat: www.kedaikopi.my.id. Keren bukan? 

  • Memiliki Akun Media Sosial

Profil UMKM juga dapat dibuat dalam bentuk gratisan melalui akun media sosial. Misalnya anda membuat akun media sosial kedai kopi di instagram menjadi: @kedaikopi atau membuat fanpage di facebook. Tidak ada dokumen profil UMKM yang diperlukan diupload disini. Anda hanya perlu mendesain feed, story atau grafis dan foto untuk menunjukkan keberadaan usaha UMKM Anda. Pada kebanyakan studi kasus usaha, UMKM lebih banyak memiliki akun media sosial instagram dan tiktok ketimbang website karena gratis cara membuatnya. Bahkan profil UMKM desa dan profil UMKM kuliner di semua kota-kota besar saat ini memiliki akun media sosial.

Tiga langkah membangun profil UMKM yang keren di atas dapat Anda praktekkan dengan modal minimalis dan tanpa memerlukan modal sepeserpun. Bagaimana? Tertarik untuk mengembangkan usaha dengan mempercantik profil UMKM Anda? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.