Tips Berjualan di Facebook

Tips Berjualan di Facebook Marketplace untuk UMKM

KejarUMKM.com – Facebook menjadi media potensi usaha UMKM yang sering dipandang sebelah mata, padahal potensi ini mudah dimanfaatkan oleh pengusaha UMKM. 

Data terakhir dari Majalah TEMPO menyebut ada sekitar 142,5 juta pengguna Facebook di Indonesia. Pada Maret 2021, menurut Internet World Stats datanya melonjak menjadi 175,3 juta pengguna. 

Hal ini menempatkan Indonesia menjadi negara pengguna Facebook terbesar kedua di Benua Asia. 

Potensi usaha UMKM ini patut menjadi perhatian pengusaha UMKM. Bisnis tidak bisa lagi mengandalkan penjualan tatap muka, menunggu pembeli di warung, ruko atau tempat berjualan sejenisnya. 

Dengan melakukan penjualan melalui Facebook, maka potensi usaha UMKM untuk menjangkau pembeli yang lebih luas dapat terealisasi.

Pengusaha UMKM yang menyasar pengguna generasi lawas hingga generasi milenial (alias generasi Y), maka menggunakan Facebook sebagai media penjualan online adalah suatu kewajiban. 

Bukan hal yang mustahil, karena profil pengguna facebook lebih banyak didominasi generasi baby boomer (para orang tua kita) yang sering update status dan kegiatan. 

Kemudian disusul generasi milenial (anak-anak muda paruh baya yang saat ini menyentuh umur 30-35 tahun). Potensi usaha UMKM ini perlu dipetakan dan dijadikan ladang bisnis. =

Kenapa facebook bisa menjadi media penjualan bagi UMKM? Berikut alasan potensi usaha UMKM yang masuk akal untuk diketahui pengusaha pemula di sektor UMKM:

  1. Berjualan di facebook saat ini memiliki banyak platform. Anda bisa berjualan bebas di lapak facebook anda, mengubah menjadi halaman facebook (facebook page) dan bahkan berjualan di marketplace facebook (forum jual beli). Selain itu facebook juga memiliki sarana pengiklanan berbentuk facebook ads. Gimana siap mengembangkan potensi usaha UMKM yang kamu miliki? 
  2. Beda halnya dengan memasang iklan di situs-situs online, di facebook tersedia pilihan menjual secara gratis atau berbayar. Nah, potensi usaha UMKM pada awal-awal tidak perlu menggunakan jasa berbayar (facebook ads). Anda cukup membuka akun gratis, atau menggunakan akun pribadi anda. Lalu bisa lakukan promosi-promosi produk di lapak facebook anda. 
  3. Gunakan pola 50:30:20. Pola ini sebagai upaya penyampaian informasi jualan anda secara elegan. Kebiasaan banyak orang adalah terus-menerus melakukan penjualan di facebook, mulai dari posting produk, curhat soal produknya hingga testimoni. Padahal tidak semua teman di facebook suka dengan gaya promosi jualan anda yang terlalu terus terang (hard selling). Nah, format 50:30:20 adalah format agar promosi efektif Apa itu? Gunakan 50% dari konten yang anda posting adalah edukasi, bisa storytelling bisa juga pengalaman pribadi anda dalam bertemu dengan pengusaha sukses atau produk-produk UMKM lain. Kemudian 30% adalah penyampaian informasi berbentuk konten kreatif seperti poster, video hingga kompilasi gambar. Nah, justru hanya 20% sisanya saja yang merupakan konten jualan langsung (hard selling).

Nah, demikianlah tips-tips melakukan penjualan di media sosial bernama facebook agar produk-produk yang anda jual dapat mencuri hati konsumen. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.