Strategi Digital Marketing

Strategi Digital Marketing UMKM Bebas Biaya

Digital marketing menjadi wajah baru bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. 

Salah satunya dengan memaksimalkan hadirnya omnichannel untuk mendatangkan konsumen demi mengejar kenaikan pendapatan.

Sayangnya, tak banyak pengusaha UMKM mengerti tentang digital marketing. Bahkan malas untuk belajar memulai hal-hal baru di bidang digital marketing. 

Sekedar informasi saja, lebih dari 60% UMKM berhasil survive dan tumbuh pada masa pandemi karena bertransformasi ke dalam dunia digital.

Bagaimana pengusaha UMKM dapat masuk ke dalam dunia digital secara mudah, murah biayanya dan bahkan bebas biaya, berikut tahapannya: 

  • Membuat website/domain murah seperti .my.id atau .com.

Pengusaha UMKM dapat membuat domain alias blog usaha UMKMnya. Misalnya kafe kopi, warung makan, warung sayur dan toko kelontong bisa membuat blog dengan domain pilihan dan murah seperti domain my.id yang hanya Rp10.000 atau domain .com dengan harga Rp100.000. 

Anda bisa membuat blog dengan nama www.sayursoragan.com atau www.sayursoragan.my.id. Dengan menggunakan website, maka bisa menjaring pangsa pasar yang luas. 

Anda bisa memasukkan pemesanan online secara langsung dan bahkan mengintegrasikan dengan omnichannel di bidang pembayaran secara cashless (via transfer, virtual account atau QRIS saat datang ke toko).

  • Riset kata kunci sesuai produk/jasa

Mengingat semakin banyak UMKM yang masuk ke dalam produk digital, maka untuk memenangkan persaingan website Anda masuk dalam pencarian konsumen. Perlu melakukan riset kata kunci penulisan website secara spesifik, seperti “sayur soragan”, “sayur murah jogja”, “sayur grosir jogja”.

  • Perbanyak artikel website

Tak punya waktu untuk mengisi website sayur Anda? Jangan khawatir sekarang banyak penulis freelance yang siap menulis mengenai sayur Anda secara murah meriah.

  • Perbanyak postingan media sosial dengan riset hashtag

Selain website, pengusaha UMKM perlu masuk ke dalam media sosial seperti instagram dann tiktok. Tidak perlu khawatir, membuat desain instagram secara murah meriah bisa dilakukan dengan aplikasi Canva gratisan. 

Kini, usaha UMKM Anda secara sederhana dapat dikatakan masuk ke dalam strategi digital marketing model baru. Serta siap untuk naik kelas menjalani digitalisasi bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.