Program KejarUMKM 2022

Kelompok belajar UMKM atau disingkat KejarUMKM merupakan salah satu program pelatihan dan pendampingan UMKM untuk naik kelas. 

UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian negara perlu didukung agar semakin profesional. 

KejarUMKM sendiri telah lama memberikan pendampingan bagi UMKM-UMKM lokal untuk berkembang dan naik kelas. 

Pendampingan dilakukan mulai dari pendampingan kelembagaan, keuangan, akuntansi, marketing dan proses bisnis serta legalitas usaha.

Selain itu, kejaUMKM juga memiliki banyak kerjasama dengan berbagai institusi. Misalnya dengan Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Perdagangan. 

Dinas Koperasi UMKM Provinsi DIY dan berbagai kota dan kabupaten lainnya. KejarUMKM juga bekerjasama dengan LUNAS dan Garda Transfumi.

Sebagai lembaga yang concern dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah di seluruh Indonesia.

Apa saja program KejarUMKM di tahun 2022?

Kelompok Belajar UMKM yang disingkat KejarUMKM memiliki dua program yaitu:

  1. Pelatihan UMKM

Pelatihan ini meliputi proses training materi dan kertas kerja mengenai kelembagaan UMKM, penyusunan sop usaha, struktur organisasi dan tata kelola, legalitas usaha dan penyusunan keuangan.

2. Pendampingan UMKM

KejarUMKM memiliki program pendampingan untuk mendampingi UMKM naik kelas ke level yang lebih tinggi dan sejajar dengan industri besar lainnya. Proses pendampingan adalah mendorong UMKM menjadi industri besar dengan membuka rantai pasokan baru, masuk ke dalam dunia digital serta dapat mengakses bahan baku dengan harga terjangkau agar bisa memaksimalkan keuntungan.

Materi Pelatihan dan Pendampingan KejarUMKM

Sebagai agregator ekonomi industri kecil dan menengah, materi-materi KejarUMKM dalam pelatihan dan pendampingan disesuaikan dengan masalah-masalah yang ada di lapangan. Sehingga membantu UMKM untuk menyusun perkembangan usaha dan menyelesaikan masalah dengan cepat:

  • Materi tata kelola kelembagaan dan legalitas usaha.

Pengusaha UMKM dalam pelatihan ini akan diajarkan cara membentuk perseroan terbatas, usaha dagang, commanditaire vennontschap (CV) dan usaha perseorangan. Selain itu juga mengurus ijin usaha berupa nomor induk berusaha (NIB), Izin Usaha Kecil dan Menengah (IUMKM), serta melakukan pendaftaran Hak Cipta Merek dagang.

  • Materi Penyusunan SOP Usaha serta SOP Keuangan Usaha.

Banyak pengusaha UMKM yang menjalankan bisnisnya asal sekedar jalan saja. Padahal ketika usaha berkembang membutuhkan SOP usaha dan SOP laporan keuangan agar bisnis bisa berkelanjutan. Pelatihan dan pendampingan ini akan membantu pengusaha UMKM untuk menyusun rencana usaha, manajemen usaha dan pengaturan usaha dengan baik.

Pada pelatihan ini juga, KejarUMKM akan membekali peserta cara menyusun laporan keuangan dimulai dari pencatatan manual hingga membentuk laporan keuangan berupa neraca, laporan perubahan modal, laporan laba rugi hingga menyusun catatan atas laporan keuangan.

Peserta juga akan dikenalkan tata cara menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan berjenis entitas mikro kecil dan menengah sesuai dengan standar UMKM. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.