Profil UMKM Makanan Tradisional Thiwul 2022

Profil UMKM Makanan Tradisional Thiwul 2022

Siapa sih yang sering berwisata ke Yogyakarta? Tentu saja salah satu destinasi yang tidak bisa ditinggalkan adalah destinasi wisata alam yang tersebar di seantero penjuru Jogja. 

Terdapat Tebing Breksi di Sleman, Gunung Purba Nglanggeran di Gunungkidul dan Taman Buah Mangunan di Bantul. 

Jika mengunjungi Taman Buah Mangunan yang berada dalam satu paket dengan Hutan Pinus dan Puncak Becici. 

Maka Anda akan mendapati salah satu usaha UMKM terkenal di Bantul yang disebut dengan Thiwul Ayu Mbok Sum.

Thiwul Ayu Mbok Sum merupakan usaha UMKM makanan tradisional tiwul. Thiwul sendiri merupakan bahan olahan dari singkong dan telah lama menjadi makanan pokok di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul. 

Usaha UMKM ini dapat ditemui dengan mudah dalam perjalanan menuju Taman Buah Mangunan, Puncak Becici dan Hutan Pinus Mangunan. 

Letaknya berada di Jalan Mangunan KM.4.5, RT.15, Mangunan, Dlingo, Cempluk, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Apa yang membuat usaha UMKM Thiwul Mbok Sum ini terlihat berbeda dengan yang lain. Tidak sama dengan usaha tiwul pada umumnya yang dijual di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul pada umumnya:

  1. Bahan pokok singkong diolah dengan higienis. Jika Anda punya waktu masuk ke dapurnya Thiwul Ayu Mbok Sum. Maka akan melihat proses pengolahannya dipadukan antara pengolahan tradisional dengan pengolahan modern. Thiwul mbok Sum diolah dengan bahan kayu bakar dan diberikan penanganan pembuatan modern.  
  2. Pengemasan menarik. Tidak seperti tiwul-tiwul lainnya yang hanya dibungkus dengan daun pisang. Thiwul Ayu Mbok Sum dikemas dengan kardus dan diberikan label UMKM yang menarik. Hal ini bisa menjadi contoh usaha UMKM-UMKM lainnya untuk menata label dan pengemasan produknya dengan baik.
  3. Menyajikan aneka rasa dan variasi. Jika Anda membeli thiwul di pasar-pasar tradisional, thiwul yang tersedia hanya satu rasa saja bukan? Sementara jika mengunjungi Thiwul Ayu Mbok Sum, maka Anda akan disediakan aneka rasa tiwul mulai dari rasa gula jawa hingga rasa kelapa, gula pasir, coklat dan keju. 
  4. Selain jenis-jenis tiwul yang bervariasi. Thiwul Ayu Mbok Sum juga menyediakan anek makanan dan minuman tradisional lainnya seperti wedhang uwuh dan minuman secang. Aneka makanan UMKM ini dapat dinikmati selepas jalan-jalan ke destinasi wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.