Profil UMKM FnB Sukses di Indonesia: Buana Sari Puding Yogyakarta

Profil UMKM FnB Sukses di Indonesia: Buana Sari Puding Yogyakarta

KejarUMKM.com – Profil UMKM sukses ini adalah Buana Sari Puding yang merupakan usaha dari Erryza Susilo, S.S. Erryza Susilo, S.S sendiri merupakan Home Business Development Service dari homebiz.id. 

Selain menjadi Owner dari Kuliner Buana Sari Puding, Erryza juga memiliki usaha lain bernama Jendra Jewellery. 

Erryza menyampaikan sharing materi profil UMKM mengenai proses perjalanan pertumbuhan dua bisnis yang berbeda antara bisnis kuliner dengan bisnis handicraft (jewellery).

Dalam webinar Belanja Kalteng antara Syncore Indonesia dengan Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah. 

Erryza menyampaikan satu bedah kasus yang menarik mengenai perjalanan bisnis Buana Sari Puding semenjak didirikan di tahun 2010 hingga bertahan di tengah pandemic sampai saat ini.

Perjalanan bisnis profil UMKM Buana Sari Puding diawali dengan pemilihan packaging produk yang berbeda dengan produk dari pesaing (diferensiasi), produk ini kemudian masuk ke dalam usaha catering dan snack box serta belum memikirkan pada strategi marketing. 

Proses ekspansi yang terbesar Buana Sari Puding adalah pernah masuk ke pasar modern seperti Carrefour, namun mengalami tantangan untuk melakukan pengemasan produk agar lebih tahan lama. 

Tantangan yang lebih besar adalah datangnya pandemi Covid-19 yang kemudian memukul omset penjualan dengan turun mencapai 80%. 

Tantangan ini merupakan jalan terberat yang dihadapi profil UMKM Buana Sari Puding.

Perubahan bisnis profil UMKM yang dilakukan Buana Sari Puding di tengah pandemi adalah dengan melakukan adaptasi pasar dimulai dengan memahami kondisi internal, menata ulang konsep bisnis yang baru, menata cashflow serta memperbaharui skala prioritas bisnis.  

Salah satunya tantangan besar di masa pandemi adalah berkurangnya tenaga kerja karena membantu keluarganya berjualan akibat terkena PHK.

Kemudian banyaknya produk yang sama di pasaran karena banyak yang berjualan, naik turunnya bahan baku serta semakin tipisnya cashflow.

Setelah memahami proses adaptasi ini adalah dengan melakukan terobosan baru seperti memilih resiko terkecil, menata strategi usaha baru, memotong beban-beban pengeluaran yang tidak terlalu prioritas. 

Serta memprioritaskan bertahan dengan membuat produk by order.

Kemudian salah satu lompatan besar yang dilakukan Profil UMKM Buana Sari Puding di masa pandemi adalah melakukan strategi digital marketing melalui media sosial facebook, Instagram, serta layanan delivery order ojek online.

Pengalaman Erryza, profil UMKM owner Buana Sari Puding paling berkesan adalah melakukan strategi iklan ads melalui facebook di saat adanya larangan mudik. 

Iklan yang disampaikan adalah pengantaran pudding bagi keluarga di kampung yang tidak bisa didatangi karena larangan mudik di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Strategi selanjutnya adalah memaksimalkan promosi Instagram serta google bisnis, karena banyak customer/pembeli yang datang dari dua media sosial ini. 

Erryza juga melakukan re-branding ulang dengan foto produk sederhana menggunakan smartphone dan desain poster menggunakan aplikasi sederhana Canva. 

Di tengah kepungan pandemi dan lompatan strategi digital marketing yang baru, omset Buana Sari Puding dapat terus melompat sekitar 10-15 juta per bulan. 

Beberapa bahkan menyentuh angka 20 juta per bulan. Jadi tertarik untuk melakukan digital marketing bagi bisnis anda? Maka jangan lupa untuk memperbarui profil UMKM Anda untuk go digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.