Profil UMKM Carica Wonosobo

Profil UMKM Carica Wonosobo

Profil UMKM kali ini akan membahas produk-produk unggulan dari Kabupaten Wonosobo. 

Jika menilik agenda wisata, kali ini Kabupaten Wonosobo sedang mengadakan Dieng Culture Festival (DCF) yang menjadi daya tarik utama wisatawan.

Wisatawan yang datang ke Dieng Culture Festival akan disuguhi aneka makanan dan minuman khas dari kabupaten yang terkenal dengan suhu udara dingin. 

Apalagi kalau bukan minuman khas Purwaceng, minuman ini terkenal sebagai minuman penambah stamina dengan rasa asli rempah-rempah dari Wonosobo.

Selain Purwaceng, satu lagi produk unggulan Wonosobo yang terkenal dikelola dengan usaha UMKM dan mendunia adalah buah carica. 

Carica sendiri adalah buah dari tanaman endemik yang tumbuh subur di Kabupaten Wonosobo.

Tekstur buah Carica mirip dengan buah pepaya karena merupakan buah dalam satu marga. 

Bentuknya mirip pepaya namun rasanya berbeda. Karena carica kemudian bisa diolah menjadi berbagai bentuk, tidak seperti pepaya yang cepat membusuk. 

Pada awalnya buah Carica tidak banyak diberdayakan oleh masyarakat petani dari Kabupaten Wonosobo. 

Beberapa komoditas utama yang terkenal seperti strawberry lebih disukai. Di dataran tinggi Wonosobo, salah satunya Dieng, aneka buah-buahan tumbuh subur dan menghasilkan seperti strawberry dan carica.

Namun, lambat laun ternyata buah carica yang berbentuk seperti pepaya bisa diolah menjadi aneka manisan seperti buah kolang-kaling. 

Racikan carica ini kemudian disuguhkan dalam bentuk minuman makan di tempat pada warung-warung makan.

Inovasi kemudian datang, manisan carica diolah menjadi manisan yang tahan awet dalam beberapa minggu. 

Sehingga membutuhkan tambahan kemasan dan pengawetan alami. Ketika keberhasilan pengawetan ini berhasil dinikmati banyak wisatawan, maka permintaan akan buah carica melonjak.

Disinilah awal kebangkitan UMKM carica di wonosobo. UMKM-UMKM yang awalnya memproduksi carica hanya untuk dijual dan dimakan ditempat. 

Kemudian memproduksi buah carica dalam bentuk kemasan menarik, tahan lama dan dapat dibeli dengan sistem online ke luar kabupaten wonosobo. 

Usaha-usaha UMKM buah carica di Wonosobo kini sudah naik kelas dengan banyaknya produsen carica yang berbadan hukum baik berbentuk PT, maupun berbadan usaha berbentuk CV. 

Sebagian besar dari mereka kini sudah merambah penjualan online melalui marketplace ataupun media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.