Presiden Joko Widodo Bagikan NIB di Papua

Presiden Joko Widodo Bagikan NIB di Papua

Presiden Joko Widodo membagikan nomor induk berusaha (NIB) kepada puluhan pengusaha mikro kecil dan menengah yang hadir di Gedung Olahraga (GOR) Toware HMS di Kabupaten Jayapura, Papua pada hari rabu, 31 Agustus 2022. 

Pada kesempatan yang sama presiden juga menyinggung pentingnya nomor induk berusaha bagi UMKM. 

Karena dari total jumlah UMKM yang ada di Indonesia yaitu 64 juta baru 1,4 juta saja yang memiliki nomor induk berusaha. 

Apa saja fungsi nomor induk berusaha bagi usaha mikro kecil dan menengah? Merujuk pada keterangan pers Kepala Negara dalam pembagian NIB di Kabupaten Jayapura, Papua. Ada sederet keuntungan bagi usaha UMKM yang memiliki nomor induk berusaha.

Pertama, nomor induk berusaha adalah tanda daftar usaha UMKM yang dapat disamakan dengan surat izin usaha perdagangan (SIUP).

Surat keterangan domisili usaha (SKDU) dan juga tanda daftar perdagangan (TDP) serta sebagai angka pengenal importir (API). 

Sederet keuntungan ini membuat UMKM naik kelas dan bahkan bisa mengekspor barang dengan mudah. 

Kedua, Presiden Joko Widodo menambahkan bahwa usaha mikro kecil dan menengah yang telah memiliki NIB berhak mengakses kredit perbankan. 

Presiden menyampaikan bahwa kredit khusus ini disebut dengan kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga minimalis hanya 3 persen saja. 

Bunga minimalis kredit usaha rakyat untuk UMKM ini telah mendapat subsidi dari pemerintah yang tadinya berupa 6% kemudian disubsidi. Sehingga UMKM ketika mengakses kredit usaha rakyat (KUR) hanya membayar bunga sebesar 3 persen saja. 

Pada pembagian NIB di Kabupaten Jayapura, Presiden Joko Widodo juga berkeliling melihat produk-produk UMKM yang ditampilkan di GOR Toware HMS Jayapura. 

Presiden mengapresiasi banyaknya produk UMKM berupa kopi, jus dan abon tuna serta produk unggulan lokal lainnya yang telah dikemas dengan baik dan menarik. 

Bagaimana cara membuat nomor induk berusaha secara mudah? Pengusaha UMKM dapat membuat nomor induk berusaha (NIB) dengan gratis alias tanpa biaya. 

Cukup akses website www.oss.go.id yang berada di bawah naungan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Pengusaha UMKM cukup mendaftarkan diri dengan email, no handphone dan juga nomor induk kependudukan. Kemudian isi semua daftar list yang dibutuhkan. 

Masukkan segala data usaha yang diminta dan kemudian bisa langsung download NIB hanya dalam hitungan menit. Mudah bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.