Penting! Ini Manfaat Mengikuti Pelatihan UMKM

Saat ini pelaku usaha membutuhkan perhatian khusus melalui pelatihan UMKM yang mana kegiatan berwirausaha sangat digemari baik anak muda maupun orang tua. Ada yang menggeluti pada bidang jasa, bidang perdagangan atau retail, ada pula yang berkutat pada bidang manufaktur. 

Namun usaha mereka tentu tidak selalu mulus, ada beberapa tantangan yang perlu mereka hadapi untuk tetap berdiri, terlebih resiko perekonomian yang awalnya karena pandemi, saat ini sudah bergeser ke gejolak ekonomi. 

Kondisi ekonomi seperti sekarang ini tentu mendera semua sektor usaha, usaha dengan permodalan tak terbatas, usaha milik pemerintah, usaha mikro kecil dan menengah harus tetap berinovasi dan berjuang ditengah-tengah pandemi. 

Nahh, tahukah Anda bahwa beberapa organisasi menyediakan pelatihan untuk UMKM lohh! yakni sebuah pelatihan yang mana para pejuang usaha berkumpul dan belajar sesuai dengan disiplin usaha mereka. 

Umumnya yang mengadakan pelatihan untuk UMKM adalah pemerintah, pelatihan ini mengundang para pengusaha secara bergilir. Namun, pada era sekarang ini, banyak pihak Swasta yang menyediakan layanan tersebut.

Jika Anda baru terjun atau lagi menjalankan usaha, tidak ada salahnya untuk mencoba ikut pelatihan UMKM ini. Apalagi pelaksanaan pelatihannya bisa secara online. Makin mudah deh. 

Kita tahu UMKM adalah sektor krusial bagi perekonomian Indonesia dengan jumlah yang mencapai 59,2 juta pelaku, sektor ini menyumbang Pendapatan Domestik Bruto (PDB) lebih dari 60 persen, menyerap hingga 117 juta pekerja.

atau 97% dari total daya serap tenaga kerja dunia usaha dan ajaibnya mampu menarik 60,42 persen dari keseluruhan investasi untuk Indonesia. 

Meskipun, termasuk dalam sektor krusial, sektor UMKM tidak luput dari berbagai rintangan yaitu keterbatasan kemampuan pengelolaan usaha, kurangnya ilmu pengelolaan keuangan, minimnya jaringan bisnis, transformasi ke arah digital hingga akses permodalan. 

Oleh karena itu, pelatihan terhadap UMKM sangat berperan penting untuk menopang semangat pelaku UMKM menghadapi berbagai tantangan tersebut. Melalui pelatihan ini peserta bisa mengikuti berbagai kegiatan dengan ekosistem kolaboratif, sekaligus berbagi tips praktis ke sesama peserta. 

Ada berbagai macam pelatihan untuk UMKM yang bisa Anda ikuti sesuai dengan latar belakang pendidikan ataupun dengan minat dan bakat. Yang penting, setelah ikut pelatihan, perlu nih menerapkan ilmu yang sudah Anda terima. 

Daftar Pelatihan UMKM yang Bisa Anda Ikuti 

Pelatihan seperti ini tersedia untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Jenis pelatihan yang tersedia pastinya disesuaikan dengan bidang usaha. 

Misalnya usaha anda adalah toko makanan, pelatihan yang diberikan berupa cara pelayanan, pembuatan kemasan produk, pemilahan bahan makanan, dan lainnya. 

Adapula pelatihan pada bidang teknologi informasi, materinya biasanya seputar keamanan data, manajemen data, perancangan sistem informasi, pembuatan produk aplikasi, dan banyak lagi. 

Jenis Pelatihan UMKM 

Pada praktiknya, pelatihan untuk UMKM terbagi ke beberapa kategori nih, berikut jenis-jenisnya : 

1. Pelatihan UMKM di Dalam Kelas 

Pasca pandemi, pelatihan ini dilaksanakan secara offline atau dengan pembelajaran tatap muka. Meski zaman serba digital, pelatihan secara offline tetap menjadi favorit, karena interaksi dua arah yang lebih ngena dan menyenangkan bagi para peserta. Pelatihan ini biasanya terjadwal dan tarif pendaftaran yang berbeda-beda pastinya. 

2. Pelatihan UMKM Online 

Ketika pandemi menghampiri, kegiatan luar ruang memiliki batasan, termasuk pelatihan pada UMKM. Nah, dari sinilah cikal bakal meningkatnya pelatihan untuk UMKM secara online bertaburan. Positifnya peserta dapat mengikuti kegiatan dari mana saja, 

Akses kegiatan ini biasa dilakukan melalui aplikasi tatap muka online seperti Zoom, Google Meet, Skype, dan aplikasi sejenis. 

3. Pelatihan UMKM Interaktif 

Pelaksanaan pelatihan secara interaktif umumnya secara online dan offline. Pada pelatihan ini terdapat diskusi antara peserta dan mentor. 

Para peserta bisa berbagi pengalaman dan saran ke sesama pelaku usaha. Peserta pun bisa mendapatkan feedback atas apa yang mereka sampaikan.

4. Pelatihan UMKM Langsung 

Yang terakhir ada pelatihan langsung nih, yang mana para peserta akan belajar sambil bekerja. Sehingga, ilmu yang Anda dapat dari pelatihan ini bisa Anda terapkan langsung saat itu juga. 

Manfaat Pelatihan UMKM 

Setelah mengetahui ragam jenis pelatihan untuk UMKM, Anda juga perlu tahu apa sih manfaat pelatihan terhadap UMKM itu, agar Anda ada gambaran sebelum ikut pelatihan. 

Tak perlu berlama-lama, langsung simak manfaat mengikuti pelatihan berikut ini. 

1. Meningkatkan Produktivitas 

Sebagai pelaku usaha, produktivitas merupakan salah satu hal teratas yang menjadi fokus perhatian. Dengan mengikuti pelatihan ini, harapannya produktivitasmu makin meningkat. 

Dalam bergulirnya usaha, Anda pasti pernah kan mendapat kendala. Naah, dengan ikut pelatihan ini Anda bisa sharing kendala itu sehingga dapat feedback dari sesama peserta dan mentor. 

Lalu, dari feedback itu bisa menjadi solusi untuk usahamu, dan bisa memacu semangatmu makin tinggi lagi. 

Ketika solusinya ketemu, produktifitasmu bertambah. Peluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar tentu semakin dekat, sehingga hasil usahamu makin optimal. 

Ketika mengikuti pelatihan untuk UMKM, Anda akan mendapatkan ilmu cara memecahkan hal-hal yang kerap pengusaha hadapi, sehingga masalah tersebut tidak mengganggu hilir produksi. Sehingga, Anda memiliki potensi untuk mengatasi masalah yang tidak terduga.

2. Meningkatkan Kualitas Usaha 

Usaha berkualitas tak sekedar volume produksi yang besar, penjualan yang meningkat, atau jaringan usaha yang lebar. Tapi lebih daripada itu. 

Usaha yang berkualitas ialah usaha yang dari hulu ke hilirnya berjalan sesuai aturan yang sudah terrencana, karyawannya terkontrol, dan memiliki usaha tetap.

menghasilkan profit. Dalam kasus ini kesehatan dan keselamatan pekerja pun menjadi salah satu parameter kualitas usaha. 

3. Berbagi Pengalaman 

Dengan bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, Anda bisa berbagai keluh kesah gelisah seputar usahamu. Dari sini, akan memicu orang dengan jam terbang berbeda, disiplin bidang usaha yang berbeda, memberi feedback terhadap ceritamu. Akhirnya terwujud subsidi silang, dengan sejumlah dana yang Anda bayarkan untuk pelatihan, lalu Anda bisa juga meraih setumpuk pengetahuan dan pengalaman. 

Platform Pelatihan UMKM di Indonesia 

Platform pelatihan untuk UMKM di Indonesia sebenarnya ada beberapa macam, salah satunya adalah Kejar UMKM yang diinisiasi oleh Syncore Indonesia. 

Kejar UMKM oleh Syncore Indonesia 

Program Kelompok Belajar (KEJAR) UMKM ialah tempat belajar bersama UMKM dalam pengelolaan keuangan, manajemen UMKM, dan pemasaran UMKM. Dari sini pelaku usaha dapat berjejaring, berinteraksi, berkontribusi, dan berkolaborasi dalam pengembangan usaha bisnis UMKM. 

Adapun informasi lebih lengkap terkait seluk beluk pelatihan untuk UMKM di KejarUMKM yang bisa Anda baca selengkapnya. 

Demikian tulisan singkat terkait pelatihan UMKM beserta manfaatnya. Semoga menjadi hal baik untuk kita semua. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *