Pengertian Online Single Submission

Pengertian Online Single Submission

Online Single Submission atau disingkat OOS adalah sistem perizinan berbasis teknologi informasi yang mengintegrasikan perizinan daerah dan pusat untuk memudahkan kegiatan usaha dalam negeri.

Pendaftaran OOs secara online ini merupakan amanat Peraturan Presiden No 91 Tahun 2017 tentang percepatan pelaksanaan bisnis usaha.

Online Single Submission adalah sistem izin usaha yang terintegrasi secara elektronik dengan seluruh kementerian / Lembaga mulai dari Pemerintah Negara (K/L) hingga Pemerintah Daerah (PEMDA) di Indonesia.

Kebijakan ini diterapkan pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian nasional melalui pengembangan dunia usaha yang selama ini mengeluhkan panjangnya waktu dan rantai birokrasi yang harus dilalui untuk memulai usaha.

Online Single Submission ini diluncurkan pada 8 Juli 2018 untuk menyederhanakan proses perizinan berbisnis. Disebutkan pertama kali dalam peraturan Presiden No. 91 Tahun 2017 aturan OOS ini dituangkan dalam peraturan Pemerintah No 24 Tahun 2018.

Jadi, jika kita warga Indonesia yang ingin memulai bisnis dan bahkan sudah memulai bisnis tetapi tidak memiliki izin usaha, maka berhati-hatilah dan pelajari mengenai Online Single Submission.

Bagi yang mengajukan izin usaha dan tidak ingin repot atau hanya ingin yang sederhana saja, maka kita bisa mengajukannya melalui OOS ini.

Dengan adanya Single Deposit Online, pelaku usaha tidak lagi harus bepergian ke beberapa departemen/organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk pengurusan izin usaha yang cukup rumit dan harus diterapkan di banyak tingkatan langkah demi langkah.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang Online Single Submission

  1. Dipandu Oleh Staf

Investor yang terdaftar akan diarahkan untuk melengkapi formulir data yang semuanya diunggah ke sistem online setelah agen meninjau akta perusahaan. Kalaupun pelamar tergolong investor besar, ia dipersilahkan duduk tanpa harus pusing. Masalah entri data hanya bisa diserahkan kepada pihak dealer

2. Semua selesai hanya dalam 1 jam

Investor tidak memerlukan berhari-hari untuk mengajukan dan memproses investasi dan izin usaha. Ini hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai ke kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau kementerian/Lembaga terkait yang sudah memiliki PTSP, selebihnya biarkan sistem integrasi yang mengurusnya.

3. Dapat terpantau dengan jelas

Jika mengajukan permohonan izin investasi secara online dengan single online submission. Permohonan dapat langsung dipantau dengan status pengurusan izin investasi yang diajukan. Misalnya, jika hanya satu instansi yang terbatas, maka kelompok kerja akan melakukan penilain.

Berikut ini cara menggunakan OSS yaitu:

  1. Membuat User Name 
  2. Login ke sistem OSS dengan username
  3. Lengkapi detail untuk mendapatkan tanda pengenal usaha (NIB)
  4. Untuk usaha baru; langkah-langkah yang dilakukan untuk mendapatkan izin dasar, izin operasi komersial dan operasional serta berkomitmen. Untuk usaha yang sudah mapan; melanjutkan proses permohonan izin usaha baru yang belum diterbitkan, memperbaharui izin usaha yang ada, mengembangkan usaha, mengubah, dan memperbaharui data perusahaan.

Pembuatan aktivasi akun OOS yaitu

Badan Usaha ; mendaftar di sistem OSS dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kemudian penanggung jawab badan usaha atau direktur utama dan beberapa informasi lainnya pada formulir pendaftaran yang tersedia. Sistem OOS akan mengirimkan 2 email ke bisnis untuk mendaftar dan memverifikasi akun OOS. Email yang telah diverifikasi berisi ID pengguna dan kata sandi sementara yang dapat digunakan untuk masuk ke sistem OSS.

Pribadi ; pelaku usaha perorangan mengakses OSS dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan informasi lainnya pada formulir pendaftaran yang tersedia. Sistem OSS akan mengirimkan 2 email ke masing-masing kontraktor untuk mendaftar dan memverifikasi akun OSS. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *