Pengertian KUR Pemerintah

Kredit usaha rakyat bri adalah program fasilitasi pemerintah untuk meningkatkan pembiayaan atau pendanaan usaha mikro kecil dan menengah. 

Program ini pada awalnya banyak digelontorkan kepada bank-bank milik negara seperti mandiri, bri, bni dan btn. 

Sehingga kita sering menyebut kredit usaha rakyat mandiri atau sesuai dengan jenis banknya. 

Pada awalnya kredit usaha rakyat (KUR) diberikan dalam rangka mempermudah akses UMKM untuk mendapat kredit dari bank. 

Dulunya setiap akses kredit ke bank-bank yang ditunjuk oleh pemerintah, maka pengusaha UMKM wajib menyiapkan dokumen jaminan atau agunan berupa surat berharga kendaraan bermotor atau surat berharga tanah.

Namun, kini pemerintah melalui hukum kredit usaha rakyat (KUR) kemudian mengubah skema dengan memperlebar KUR ke dalam beberapa bagian. 

Bagian terkecil bernama Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro yang dapat dipinjam pengusaha UMKM sampai dengan angka 5 juta dan bebas dari jaminan. 

Adanya KUR Super mikro ini memberikan kesempatan bagi pengusaha UMKM yang baru saja berdiri untuk bisa mengembangkan usaha dengan bantuan dari pemerintah. 

Namun bagi pengusaha pemula yang baru berdiri disarankan untuk bisa mengurus dokumen izin usaha (nomor induk berusaha) melalui Online Single Submission (OSS) agar dapat surat perijinan usaha untuk memudahkan akses kredit dari perbankan.

Kelompok Belajar UMKM sering mengadakan pelatihan pengembangan usaha UMKM baik berbentuk pendampingan hingga pelatihan, pembaca bisa menghubungi nomor kontak Tim KejarUMKM melalui nomor telepon berikut ini: 0878-05-900800

Selanjutnya bagaimana mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari bank-bank pemerintah seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BTN, berikut dokumen-dokumen yang perlu disiapkan:

  1. Dokumen kependudukan meliputi kartu tanda penduduk, kartu keluarga dan kartu jaminan jika Ada.
  2. Surat ijin usaha, baik berbentuk Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Ijin Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMK).
  3. Mutasi rekening, jika sudah memiliki tabungan di bank yang bersangkutan malah lebih baik. Anda tinggal menggandakan mutasi rekening bank untuk dijadikan penilaian.

Selanjutnya Anda tinggal menghubungi atau datang ke kantor bank terdekat untuk melakukan pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pada periode tahun 2022 ini, Pemerintah Republik Indonesia memberikan insentif bunga sampai dengan 3% per tahun saja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *