Pengertian dan 5 Jenis UMKM

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil Menengah. UMKM adalah salah satu sektor yang lumayan banyak kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia. 

Terlebih di masa teknologi yang telah berkembang pesat, mempermudah pelaku usaha untuk menjual usahanya tidak hanya lewat offline tetapi dapat dijual melalui media online seperti e-commerce dan media sosial.

Hal ini tentunya juga mempermudah konsumen untuk membeli, hanya dengan bermodal smartphone barang yang diinginkan bisa berada di genggaman. Pengertian UMKM sendiri pun ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008, yaitu :

  1. Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan

usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

  1. Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, 

Dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari Usaha Menengah atau Usaha Besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.

  1. Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri,

yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau Usaha Besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang Undang ini.

  1. Usaha Besar adalah usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh badan usaha

dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar dari Usaha Menengah, yang meliputi usaha nasional milik negara atau swasta, usaha patungan, dan usaha asing yang melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia.

  1. Dunia Usaha adalah Usaha Mikro, Usaha Kecil, Usaha Menengah,

dan Usaha Besar yang melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia dan berdomisili di Indonesia.

UMKM Menurut Pendapat Para Ahli

  1. Rudjito

UMKM( Usaha Mikro Kecil serta Menengah) merupakan usaha yang membantu perekonomian Indonesia. Karena lewat UMKM hendak membentuk lapangan kerja baru serta tingkatkan devisa negara melalui pajak badan usaha.

  1. Adi Meter. Kwartono

UMKM yakni aktivitas ekonomi rakyat yang mempunyai kekayaan bersih optimal Rp 200. 000. 000,- dimana tanah serta bangunan tempat usaha tidak diperhitungkan. Tidak hanya itu, UMKM pula bisa dimaksud selaku aktivitas ekonomi yang mempunyai omset penjualan tahunan sangat banyak, ialah Rp1. 000. 000. 000, dan milik warga negara Indonesia.

  1. Ina Primiana

Bagi Ina Primiana, UMKM adalah pengembangan kawasan andalan buat menyesatkan pemulihan perekonomian guna mewadahi program prioritas dan pengembangan  bermacam zona serta kemampuan. Kriteria UMKM dan tingkatannya

4. Usaha Mikro.

Usaha mikro mempunyai kriteria dengan total kekayaan serta pemasukan bersih menggapai Rp 50 juta serta belum tercantum bangunan dan tanah tempat usaha. Hasil usaha mikro tiap tahunnya sangat banyak Rp 300 juta.

5. Usaha Kecil.

Usaha kecil mempunyai kriteria dengan total kekayaan bersih Rp 50 juta dengan optimal yang dibutuhkannya menggapai Rp 500 juta. Tidak hanya itu, hasil per tahunnya dari usaha kecil antara Rp 300 juta hingga sangat banyak Rp 25 miliar.

6. Usaha Menengah.

Usaha menengah kerap dikategorikan selaku bisni besar dengan kriteria kekayaan bersih mencapai Rp 500 juta sampai Rp 10 miliar serta tidak tercantum bangunan serta tanah tempat usaha.

Itulah pengertian UMKM menurut undang-undang dan ahli serta tingkatan UMKM. Ingin mengetahui perkembangan UMKM? baca selengkapnya disini!

Terdetect plagiasi karna pengertian UMKM menurut UU, karena isinya memang seperti itu dan tidak dapat saya ubah…karena jika saya mengubahnya maka sama saja saya mengubah isi UU yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *