Penerapan dan Manfaat Strategi Digital Marketing UMKM

Penerapan dan Manfaat Strategi Digital Marketing UMKM

Penerapan dan manfaat strategi digital marketing untuk UMKM merupakan salah satu cara untuk meningkatkan omset pendapatan usaha. 

Biasanya, usaha UMKM meningkatkan omset dengan melakukan promosi secara besar-besaran. 

Seperti promosi dengan menyebar bahan-bahan kampanye atau mengikuti pameran-pameran gratisan milik pemerintah.

Saat itu UMKM belum begitu mengenal strategi digital marketing UMKM.

Namun, kondisi ini berubah manakala pandemi membuat UMKM harus bekerja keras melakukan promosi. 

Promosi secara offline alias tatap muka mulai kurang populer karena lebih memiliki secara online.

Padahal apa yang ada di layar smartphone ya tetap sama saja video presentasi dari sales-sales usaha UMKM. 

Apa bedanya? Inilah strategi digital marketing UMKM yang ternyata mampu menggaet konsumen dengan lebih banyak. 

Strategi digital marketing UMKM adalah memindahkan prospek konsumen dari sarana tatap muka menjadi sarana online alias digital. 

Strategi ini banyak memiliki kemudahan dan bahkan potensi yang jauh lebih besar ketimbang terus menerus berharap pada strategi penjualan offline. 

Setidaknya ada tiga manfaat besar menginvestasikan biaya promosi UMKM ke dalam strategi digital marketing UMKM:

  1. Jika UMKM berinvestasi pada strategi digital marketing UMKM, maka pengusaha UMKM tidak memerlukan tenaga tambahan untuk berjaga, berjualan sepanjang waktu. Cukup menyiapkan tim media digital marketing atau pengusaha UMKM bisa menyewa jasa dari tim digital marketing. Misalnya dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp500.000 sampai dengan Rp1.000.000 per bulan untuk mengelola akun facebook dan instagram.
  2. Menurut survei dari Katadata, UMKM bahkan berhasil meraup 70% omset baru dari berjualan di media sosial, ini artinya dengan strategi digital marketing UMKM yang baru, anda bisa meraup 70% pangsa pasar konsumen baru. Dengan tetap mempertahankan 30% konsumen lama, maka akan ada penambahan omset baru di tahun mendatang sebesar 100%.
  3. Melalui strategi digital marketing UMKM, UMKM bahkan bisa memangkas biaya promosi. Karena dengan melalui sarana online, iklan dan produk anda tetap akan tayang 24 jam sehari dan 7 hari seminggu secara terus menerus tanpa memerlukan tambahan biaya.

Bagaimana memulai strategi digital marketing UMKM secara sederhana?

  1. Pertama, strategi ini dapat dimulai dengan membangun sales funnel (terowongan lalu lintas konsumen) yang didapat dari komunitas-komunitas. Contohnya begini, jika anda menjual kopi, maka buatlah forum-forum diskusi pecinta kopi baik di toko buku, kafe kopi dan bahkan di sekolah dan kampus. Lalu dari sana buatlah sales funnel menuju produk anda.
  2. Sales funnel (terowongan lalu lintas penjualan konsumen ini) kemudian diarahkan mengenal produk anda. dimulai dari mengenal terlebih dahulu, berikan edukasi dan kemudian berikan penawaran.
  3. Strategi digital marketing UMKM selanjutnya adalah berikan penawaran dengan diskon, penawaran dengan digabung bersama produk lain, atau penawaran layanan purnajual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.