Pendampingan UMKM adalah Program Peningkatan Kualitas Produk

Pendampingan UMKM adalah Program Peningkatan Kualitas Produk

KejarUMKM.com – Pendampingan UMKM adalah proses melatih, mendampingi serta mengakselerasi UMKM agar bisa sejajar dengan produk buatan industri.

Melalui pendampingan UMKM produk UMKM bisa menjadi produk unggulan yang memiliki nilai tinggi. 

Pendampingan UMKM adalah bagian dari proses penting meningkatkan kelas UMKM agar bisa memiliki sistem produksi barang berkualitas tinggi. 

Apa saja yang diberikan dalam proses pendampingan UMKM untuk meningkatkan nilai kualitas barang:

  1. Pendampingan UMKM untuk memahami tata kelola standar nasional indonesia. Pada konteks ini pendampingan UMKM adalah peletak landasan standar mutu agar UMKM memperhatikan siklus produksi barang sesuai dengan aturan standar nasional indonesia. Misalnya pernah melihat helm dengan kualitas SNI? Maka pendampingan UMKM berguna agar UMKM mampu memproduksi barang sesuai dengan kualitas SNI dan laku di pasar nasional serta internasional. 
  2. Pendampingan UMKM untuk memahami tata kelola tenaga kerja yang terampil dan berkualitas. Untuk memproduksi barang-barang bermutu tinggi, maka tenaga kerja yang dibutuhkan harus memenuhi kualifikasi. Pendampingan UMKM adalah sarana menemukan tenaga kerja yang terampil dan berbakat sehingga bisa menelurkan produk-produk unggulan.
  3. Pendampingan UMKM untuk memahami pembukaan ekspansi rantai pasokan agar mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Pendampingan UMKM adalah sarana untuk membuka networking atau jaringan antar sesama pengusaha UMKM. Atau dengan distributor dan juga supplier. 

Kemudian apa saja ciri-ciri produk yang laku dan laris di pasaran internasional sehingga bisa dipahami UMKM untuk mengikuti pendampingan UMKM?

  1. Produk-produk yang laris di pasaran internasional biasanya memiliki kualitas bahan baku yang standar atau lebih baik dengan ciri-ciri tahan lama, mampu berada dalam pengiriman yang jauh serta memiliki nilai jual yang berbeda dengan kompetitor. 
  2. Produk-produk yang laris di pasaran juga memiliki quality control yang baik. Quality control adalah serangkaian proses yang memastikan produk-produk yang dihasilkan sesuai standar dan tidak memiliki cacat sehingga layak dijual.
  3. Produk-produk yang laris di pasaran juga memiliki sarana penjualan yang jelas. Misalnya dapat dibeli melalui pasar terbuka (bukan pasar gelap), mudah dijumpai di marketplace dan memiliki saluran untuk ekspor ke luar negeri.

Ciri-ciri produk-produk internasional di atas dapat dimiliki setiap UMKM yang mengikuti pendampingan UMKM. 

Pendampingan UMKM adalah proses untuk membentuk pengusaha UMKM agar memahami peta persaingan bisnis.

Pendampingan UMKM juga merupakan salah satu jalan agar UMKM bisa memanfaatkan potensi usaha baik berbentuk bahan baku maupun konsumsi yang baru. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.