Pemberdayaan UMKM Sunmorkerto

Pemberdayaan UMKM Sunmorkerto

Sunmorkerto merupakan program corporate social responsibility (CSR) PT Sarihusada Danone (PT. Sarihusada Generasi Mahardika) dengan memberdayakan UMKM di wilayah Kelurahan Muja-Muju Kota Yogyakarta. 

Program ini disebut sebagai bagian dari pelatihan UMKM dan juga pendampingan UMKM dimana Sarihusada berfokus memberdayakan UMKM lokal.

Melalui berbagai program untuk mempromosikan usaha mikro kecil dan menengah. Seluruh program ini di bingkai dalam satu naungan besar bernama Sunmorkerto.

Apa itu Sunmorkerto?

Sunmorkerto merupakan akronim dari Sunday Morning Kerto. Merupakan program CSR PT Sarihusada Danone menggandeng Kelompok Belajar UMKM Syncore Indonesia. 

Fokus utama Sunmorkerto adalah memberikan pelatihan UMKM, pendampingan UMKM serta wadah bagi UMKM untuk berkembang. 

Kelurahan Muja-Muju sendiri dipilih karena berada di lingkungan terdekat dengan pabrik dan usaha PT Sarihusada Danone di Kota Yogyakarta. 

Sunmorkerto dibuka pada bulan Mei 2022 dan diresmikan langsung oleh Pj (Penjabat) Walikota Yogyakarta, Sumadi, SH., M.H. yang diwakili Mantri Pamong Praja wilayah Kemantren Umbulharjo. 

Program pendampingan ini akan berjalan selama kurang lebih 6 (enam) bulan kedepan dengan memberikan wadah bagi UMKM untuk berkembang, berjejaring serta mendapat akses pendampingan jangka panjang. 

Sasaran Pendampingan UMKM Sunmorkerto

PT Sarihusada Danone melalui Sunmorkerto berharap CSR ini dapat memberdayakan UMKM di sekeliling Kelurahan Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo. 

Selain itu, sebelumnya telah lama Sarihusada juga melakukan CSR dalam jangka panjang di dekat pabrik Sari Husada Danone Prambanan Klaten. 

Program CSR di Prambanan Klaten sendiri menjangkau wilayah yang lebih luas yaitu satu desa bernama Desa Kemudo. 

CSR di Desa Kemudo melalui BUMDes Kemudo Makmur telah merubah banyak hal dan memberikan kebermanfaatan ekonomi mikro kecil dan menengah jangka panjang di Prambanan dan Kabupaten Klaten.

Sementara Sunmorkerto di Kelurahan Muja-Muju berfokus pada pengembangan UMKM dengan memberikan wahan untuk berjualan, berjejaring dengan sesama UMKM. 

Memberikan pendampingan digital marketing dengan membuat akun media sosial untuk masing-masing UMKM. 

Program pendampingan UMKM ini dilakukan evaluasi setiap sebulan sekali untuk mencapai sasaran dan target yang telah ditetapkan oleh PT Sarihusada Generasi Mahardika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.