Magang Bersertifikat Junior Consultant GAS MBKM Batch 3

Pelatihan UMKM Sunmorkerto

PT Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada Danone) menggelar program Sunmorkerto untuk memberdayakan UMKM lokal di daerah Muja-Muju Kota Yogyakarta. 

Sunmorkerto sendiri merupakan akronim dari Sunday Morning Kerto. Mengambil lokasi di sekitar pabrik Sari Husada di Kota Yogyakarta yang bersebelahan dengan Kelurahan Muja-Muju Yogyakarta. 

Konsep Sunday morning adalah memberikan kesempatan bagi UMKM lokal untuk mengadakan expo pameran agar dikenal publik secara luas.

Sunday Morning Kerto atau dikenal dengan Sunmorkerto merupakan ajang corporate social responsibility dari Sari Husada untuk mendampingi dan melatih UMKM naik kelas. 

Program pendampingan dan pelatihan yang diadakan Sarihusada meliputi pelatihan digital marketing pembuatan akun media sosial, pelatihan expo dan pameran penataan barang, pelatihan dan pendampingan dengan jejaring UMKM lain tingkat Kota Yogyakarta.

Sunmorkerto Sari Husada dibuka pada bulan Mei oleh Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi, S.H., M.H yang diwakili Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo. 

Proses pelatihan dan pendampingan ini akan berjalan 6 (enam) bulan kedepan. Pameran UMKM ini mendapat berbagai dukungan dari lintas instansi seperti dinas pemerintah, pengusaha, warga dan pengurus RT RW serta kelurahan dan kecamatan.

Jenis-Jenis Pelatihan UMKM Sunmorkerto

Pendampingan UMKM yang dilakukan PT Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada Danone) pada ajang Sunmorkerto terdiri atas berbagai jenis pelatihan meliputi:

  1. Pelatihan foto produk. UMKM yang tampil dalam berbagai stand Sunmorkerto akan diberikan pelatihan menyajikan produk ke dalam bentuk foto. Foto ini kemudian diupload di instagram @sunmorkerto atau akun media sosial masing-masing UMKM.
  2. Pelatihan dan pendampingan penyajian copywriting dan sales dalam akun media sosial oleh tim Syncore Indonesia.
  3. Pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan pendapatan warga masyarakat kelurahan muja-muju.
  4. Serta pelatihan dan pendampingan berbasis kelompok (model bisnis baru) untuk saling menguatkan jejaring UMKM pada tingkat kelurahan dan membuka akses pasar baru pada ajang Sunmorkerto.

Pelatihan dan pendampingan UMKM Sunmorkerto berhasil melibatkan lebih dari 60 (enam puluh) pelaku usaha di Kelurahan Muja-Muju, Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta. 

Program ini mengalami evaluasi dan review setiap bulannya untuk mendapatkan perbaikan dan peningkatan layanan kualitas dari PT Sarihusada Generasi Mahardika dan Syncore Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.