Pelatihan UMKM Solusi Peningkatan Usaha dan Bisnismu!

Mendirikan usaha UMKM memiliki tantangannya sendiri.

Kebanyakan pengusaha dalam sektor ini memiliki sisi-sisi lemah dalam bidang manajerial dan keuangan. 

Misalnya didirikan dengan modal seadanya, didirikan bersama keluarga terdekat dan atau dikerjakan dengan jalan seadanya saja. itulah mengapa pelatihan UMKM. 

Sangat penting dalam menumbuhkembangkan UMKM agar memiliki proses bisnis yang baik.

Peta jalan pelatihan UMKM dapat dimulai dari tahapan yang paling sederhana. Dimulai dari sisi kelembagaan atau manajemen, kemudian naik ke dalam sisi operasional.

Disusul dengan sisi keuangan. Ketiganya akan menjadi jalan dalam meningkatkan usaha UMKM baik dari sisi omset hingga pendapatan. 

Pelatihan UMKM akan meningkatkan (upskilling) atau memperbaharui ulang (re-skilling) pemahaman pelaku usaha UMKM yang telah usang disesuaikan dengan perkembangan terbaru. 

Misalnya pada beberapa kasus pengusaha UMKM masih menggunakan pembukuan manual. 

Maka dalam pelatihan dan pendampingan UMKM akan diberikan materi wawasan pembukuan UMKM dengan POS Kasir secara otomatis.

Berikut langkah-langkah pelatihan UMKM dari sisi tahapan paling dasar hingga berkembang ke tahapan tingkat lanjut: 

  1. Pelatihan Kelembagaan dan Manajemen. Pada pelatihan UMKM ini target utama adalah memberikan wawasan dan materi pelaku UMKM dalam menyusun struktur organisasi bisnis, tata kerja kelembagaan, bentuk organisasi bisnis (UD, CV, PT perorangan dll) serta legalitas bisnis (surat ijin usaha perdagangan, nomor induk berusaha, hingga P-IRT dan sertifikasi halal).
  2. Pelatihan operasional. Pada proses pendampingan ini, pengusaha UMKM ditargetkan mampu membuat standar operasional prosedur (SOP) baik dalam SOP Penyusunan usaha, SOP pengelolaan usaha hingga SOP penyusunan keuangan usaha. SOP ini akan sangat berguna ketika bisnis berkembang menjadi lebih besar. 
  3. Pelatihan keuangan. Pada pelatihan UMKM, sisi yang cukup memakan waktu lama adalah proses penyusunan keuangan karena tidak semua pengusaha memiliki latar belakang dibidang ekonomi. Oleh karena itu, prosesnya akan diawali dengan memahami pos-pos keuangan secara makro dimulai dari modal, pendapatan, biaya/beban produksi, harga pokok penjualan hingga laporan laba rugi. Pelatihan pada proses ini juga akan mengajari pengusaha UMKM menyusun laporan keuangan sederhana dalam bentuk spreadsheet atau microsoft excel. Kemudian dilanjutkan mengenal software POS Kasir dalam memanajemen usaha di bidang perdagangan dan menyusun laporan keuangan secara otomatis. 
  4. Pelatihan digital marketing. Walaupun pelatihan ini tampaknya masih baru, pengusaha UMKM perlu memahami sektor digital marketing. Pengusaha UMKM tidak bisa hanya mengandalkan penjualan barang dan jasa secara konvensional, itulah mengapa pelatihan UMKM ini akan mendampingi pengusaha dalam mengenal media sosial, membuat website/blog serta menyusun kerangka strategi penjualan berbasis internet. 

Kelompok belajar UMKM (KejarUMKM) memiliki program pelatihan UMKM secara terstruktur dengan kurikulum yang langsung ditangani pakar dan praktisi dari sektor UMKM di Yogyakarta. 

Jika berminat bergabung dalam pelatihan UMKM dapat menghubungi nomor berikut ini: 0878-0590-0800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.