Pelatihan UMKM Pencatatan Transaksi Keuangan

Mengembangkan bisnis bisa dimulai dengan mengikuti pelatihan UMKM pencatatan transaksi keungan, Salah satu masalah yang sering ditemui dalam pelatihan UMKM adalah masalah keuangan. 

Banyak UMKM yang tidak bisa mengatur keuangannya dengan baik dan cenderung menjadi masalah kronis di kemudian hari. 

Pengusaha UMKM yang tidak bisa mengatur keuangannya diawali dengan modal yang cepat habis. 

Bercampurnya antara uang usaha dengan uang pribadi. Serta menjadikan bisnisnya semacam sapi perah untuk menghidupi kehidupan pemilik atau memenuhi gaya hidup pemiliknya.

Hal semacam ini tentunya akan membuat usaha UMKM menjadi tidak berumur panjang dan bahkan cenderung untuk cepat bangkrut. 

Pada pelatihan UMKM yang digelar Kelompok Belajar UMKM, pengusaha UMKM akan dibantu dan didampingi untuk mengelola keuangan UMKM dengan baik. 

Proses pelatihan UMKM ini diawali dengan menyusun standar operasional prosedur penyusunan laporan keuangan. 

Kemudian diikuti dengan pengenalan software-software pencatatan transaksi keuangan UMKM.

Pengusaha yang mengikuti pelatihan UMKM tidak perlu khawatir bahwa pelatihan pencatatan transaksi keuangan UMKM akan memakan biaya yang mahal. 

Pelatihan UMKM untuk transaksi keuangan dapat terjangkau dan bahkan mendapatkan materi-materi luar biasa mengenai software pencatatan transaksi keuangan. 

Misalnya jika pengusaha UMKM ingin menyusun laporan keuangan, maka prosesnya biasanya diawali dengan transaksi manual kemudian dikonversi ke dalam pencatatan otomatis. 

Dengan mengikuti pelatihan UMKM, maka pengusaha UMKM akan mendapat akses menggunakan laporan keuangan gratis dari software-software gratis seperti spreadsheet.

Microsoft excel dan open office excel. Semuanya adalah materi yang disampaikan dalam pelatihan UMKM oleh kelompok belajar UMKM. 

Jurnal Pencatatan Transaksi Keuangan Gratis

Luaran atau output dari pelatihan UMKM mengenai penyusunan laporan keuangan adalah pengusaha UMKM dapat menyusun laporan keuangan standar entitas mikro kecil dan menengah secara sederhana. 

Hal ini akan bermanfaat kedepannya jika pengusaha UMKM berhubungan dengan investor, kreditor dari bank hingga pinjaman dari partner kerja. 

Karena dengan laporan keuangan terstandar akan memudahkan pihak ketiga dalam menjalin bisnis dengan kita. 

Bahkan bocorannya nih, pengusaha yang mengikuti pelatihan UMKM dan mampu menyusun laporan keuangan biasanya akan mendapatkan kemudahan kredit dari bank.

Nah, berikut ini adalah beberapa software atau alat penyusunan pencatatan transaksi keuangan UMKM yang dapat digunakan oleh pengusaha UMKM secara gratis tanpa biaya sepeser pun. 

1. Microsoft Excel atau OpenOffice Excel

Seperti halnya sejuta pengusaha UMKM yang telah lebih dulu menggunakan. Microsoft excell dari microsoft ini merupakan software yang paling kita kenal. 

Jika Anda tidak memiliki lisensi microsoft, maka menggunakan open office dari Linux juga bisa digunakan. Linux adalah pemilik software open source yang dapat digunakan secara bebas. 

2. Akuntansi UMKM

Selanjutnya selain software microsoft, pengusaha UMKM dalam mengikuti pelatihan UMKM dapat menggunakan software/aplikasi bernama Akuntansi UMKM. 

Aplikasi ini gratis dan dapat diunduh di playstore. Kemudahannya adalah pengusaha tinggal langsung memasukkan pos pos akuntansi keuangan secara mudah ketimbang excell yang harus membuat pos sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.