Pelatihan UMKM Online Gratis Bagi Pengusaha

Pelatihan UMKM Online Gratis Bagi Pengusaha

Kejarumkm.com – UMKM identik dengan sektor usaha berskala kecil dan didirikan dengan modal yang seadanya, sehingga pelatihan umkm belum begitu familiar di mata pengusaha umkm. 

Para owner usaha umkm lebih fokus dalam mengembangkan usahanya dengan modal dan jaringan seadanya. 

Jika menawarkan untuk mengikuti pelatihan umkm, maka biasanya khawatir dengan biaya yang cukup tinggi.

Oleh karena itu para pengusaha UMKM menyarankan untuk mengikuti pelatihan umkm online.

Pelatihan UMKM online memiliki beberapa kelebihan bila memandingkan dengan pelatihan UMKM secara offline. 

Pelatihan umkm tatap muka biasanya mengenakan tarif yang cukup tinggi, mengingat perlu biaya untuk menyewa ruangan dan lain sebagainya yang memerlukan biaya. 

Sementara hal tersebut berbanding terbalik dengan pelatihan umkm online.

Pelatihan umkm online terbukti cocok bagi pengusaha umkm yang menghemat pengeluaran, membutuhkan materi untuk meningkatkan skill dan kemampuan skala usaha secara efektif dan efisien. 

Pelatihan umkm online tidak membutuhkan banyak biaya karena pemateri hanya merekam (merecord) materi dalam bentuk video. 

Serta hanya butuh akses internet saja, bahkan jika pelatihan UMKM online berbayar, membutuhkan biaya yang hanya sedikit.

Rentang biaya pelatihan umkm online biasanya berada di bawah Rp500.000.

Bahkan kini banyak pelatihan umkm online yang berbayar murah hanya Rp20.000 sampai Rp50.000. 

Sebagian besar di antaranya bahkan gratis dan bisa untuk memaafkan oleh pengusaha UMKM kapan saja.

Apa saja kelebihan pelatihan UMKM online bila memandingkan pelatihan tatap muka:

  1. Pelatihan umkm online dapat mengakses kapan saja dan di mana saja, hanya membutuhkan handphone android dan kuota/pulsa. Cocok bagi pengusaha umkm yang sibuk dan tidak punya waktu untuk belajar di siang hari. Anda bisa membuka materi setelah selesai bekerja.
  2. Pelatihan umkm online berbiaya murah, bahkan gratis. Apa bedanya? Pelatihan gratis biasanya memberikan subsidi oleh pemerintah, atau subsidi dari industri yang bekerjasama. Jadi tidak semua pelatihan umkm online gratis terkesan asal-asalan. Justru banyak melakukan subsidi agar pengusaha umkm gampang untuk menjangkaunya.
  3. Pelatihan umkm online mendapatkan fasilitas yang setara dengan pelatihan umkm tatap muka. Apa saja fasilitas yang mendapat? Jika pelatihan tatap muka peserta akan mendapat modul pelatihan, sertifikat dan coffe break (snack atau makan).
  4. Begitu juga pelatihan online mendapat sertifikat dalam bentuk elektronik (e-certificate), modul dan kertas kerja yang dapat mengunduh kapanpun. Serta coffee break mengganti dengan subsidi pulsa atau subsidi gratis biaya pendaftaran. Peserta tidak akan mendapat makan tetapi mengubah dalam bentuk yang lain.

Contoh pelatihan umkm online gratis:

  1. Skill Academy by Ruangguru merupakan pelatihan umkm online gratis yang disubsidi pemerintah melalui sistem Kartu Prakerja. Jika anda pengusaha umkm membutuhkan pelatihan prakerja dapat mendaftar melalui www.prakerja.go.id. Nantinya voucher dapat ditukar di Skill Academy dan peserta dapat mengakses ratusan pelatihan umkm online yang dapat menunjang perkembangan usaha.
  2. Google Garage. Pelatihan umkm online gratis yang diberikan Google bagi pengusaha umkm pemula untuk belajar digital marketing secara gratis. Peserta akan mendapat video pelatihan, sertifikat online dan tentu saja karena disubidi Google, pelatihan umkm online gratis ini tanpa biaya sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.