Tiga Pelatihan UMKM Jogja Berkualitas

Tiga Pelatihan UMKM Jogja Berkualitas

KejarUMKM.com – Berikut tiga pelatihan UMKM Jogja berkualitas yang bisa diikuti oleh siapa saja. 

Pelatihan UMKM Jogja sebagai kota industri, perdagangan dan wisata tidak bisa dilepaskan dari geliat hadirnya ratusan hingga ribuan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian.

Di kota inilah pelatihan UMKM Jogja berkualitas hadir dan mulai dari gratis hingga berbayar. 

Pelatihan UMKM Jogja banyak diberikan dari mulai lembaga negara, korporasi swasta hingga lembaga swadaya masyarakat. 

Tujuannya satu yaitu memberikan dorongan agar UMKM semakin naik kelas.

Berikut beberapa persoalan UMKM yang sering ditemui di Jogja sehingga membutuhkan adanya pelatihan UMKM Jogja yang berkualitas dan terstruktur:

  1. Sektor UMKM di Jogja masih banyak mengandalkan tenaga kerja padat karya, hal ini wajar mengingat Jogja sebagai kota wisata tradisional sangat lekat dengan interaksi manusia. Sehingga pelatihan UMKM yang dibutuhkan adalah meningkatkan skill tenaga kerja pada sektor pelayanan UMKM. 
  2. Sektor UMKM di Jogja sudah banyak mengenal digitalisasi perbankan dan digital marketing, namun sayangnya banyak tenaga kerja yang belum familiar dalam hal operasional teknis. Itulah mengapa pelatihan UMKM dan pendampingan UMKM di Jogja perlu secara spesifik meningkatkan skill pada tenaga kerja.
  3. Sektor UMKM di Jogja banyak didominasi industri makanan dan minuman (food and beverage) disusul kemudian sektor kerajinan seperti handicraft, perak dan kain. Sebagian diantaranya masih menerapkan teknologi sederhana, sehingga memerlukan pelatihan UMKM dalam menggunakan teknologi tepat guna yang lebih modern untuk mempersiapkan UMKM naik kelas. 
  4. Sektor UMKM di Jogja masih tersentral dalam wilayah-wilayah tertentu. UMKM masih belum menjangkau pusat bisnis secara menyeluruh misalnya dengan hadir di pusat bandara, pusat stasiun hingga terminal bus. Wisatawan lebih sering mengunjungi pusat UMKM ketimbang UMKM yang menghampiri wisatawan. Disinilah pelatihan UMKM Jogja perlu mendidik UMKM agar mampu membuka rantai pasok konsumen secara luas.

Pelatihan-pelatihan UMKM untuk menyelesaikan masalah-masalah di atas banyak digelar secara gratis dan berbayar. 

Dengan tujuan utama membantu UMKM bisa naik kelas, mencapai skala nasional dan membuka rantai pasok untuk mencari pendapatan lebih banyak dan lebih baik. 

Saat ini dalam memberikan pelatihan UMKM Jogja yang berkualitas, terdapat tiga lembaga yang bisa menjadi rujukan utama bagi anda yang ingin mengadakan pelatihan dan pendampingan:

  1. Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Melalui laman dan media sosialnya, dinas koperasi sering mengadakan pelatihan UMKM Jogja dengan kurikulum terstruktur, peserta juga dilatih secara langsung dengan marketplace bernama Si Bakul.
  2. Kelompok Belajar UMKM (KejarUMKM) sebagai agregator dan komunitas UMKM terbesar di Jogja juga mengadakan pelatihan UMKM Jogja dengan kurikulum terstruktur. KejarUMKM sering mengadakan pelatihan UMKM bekerjasama dengan marketplace-marketplace besar dan dapat diadakan secara privat (sendiri-sendiri) atau berkelompok. 
  3. Balai Latihan Kerja Yogyakarta sebagai lembaga training di bawah Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga memiliki pelatihan UMKM Jogja secara berkualitas. Beberapa materi pelatihan UMKM yang dapat diikuti antara lain pelatihan teknis seperti tata boga, menjahit, mesin hingga pengelolaan keuangan akuntansi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.