Pelatihan UMKM Gratis 2022 Untuk Pengusaha Muda

Pelatihan UMKM Gratis 2022 Untuk Pengusaha Muda

Kejarumkm.com – Proporsi kontribusi umkm terhadap produk domestik bruto nasional ternyata cukup tinggi. 

Bahkan data dari Katadata Insight Center menyebutkan UMKM memiliki andil yang cukup besar lebih dari 60% terhadap produk domestik bruto nasional di Indonesia. 

Seiring dengan adanya pemulihan ekonomi Indonesia dari pandemi, UMKM-UMKM mulai menggeliat dan membutuhkan dorongan dari berbagai sisi. 

Pelatihan umkm gratis 2022 bagi pengusaha pemula merupakan salah satu sarana bantuan mendorong pemulihan ekonomi di sektor mikro kecil dan menengah.

Salah satu masalah yang dihadapi pengusaha muda umkm pasca pandemi adalah kekurangan modal kerja, skill yang perlu diasah kembali.

Jaringan yang sedikit atau belum bisa mengelola jaringan dengan baik. Serta adanya shifting atau perpindahan pola kerja dari wfo (work from office) menjadi wfh (work from home). 

Kemudian ditambah dengan perubahan pola konsumsi konsumen yang semakin banyak terdigitalisasi ke dalam ekosistem digital. 

Pengusaha muda perlu mengasah dirinya dalam pelatihan-pelatihan umkm gratis 2022 untuk mengembangkan bisnisnya kembali. 

Tantangan-tangangan di atas dapat diselesaikan melalui pelatihan umkm gratis 2022 yang diadakan, baik oleh lembaga pemerintahan, maupun lembaga swasta yang berfokus pada pengembangan kewirausahaan. 

Berikut beberapa pelatihan umkm gratis 2022 yang direkomendasikan bagi pengusaha umkm pemula yang memiliki bisnisnya masih dalam tahap rintisan (start up) dan memerlukan tools (sarana) dalam meningkatkan skala usaha: 

  1. Pernah mendengar fungsi business development dan marketing? Jika UMKM ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dalam hal skala usaha, pasar konsumen hingga akuisisi terhadap sumber-sumber produsen, maka pengusaha umkm perlu mengikuti pelatihan business plan. Pelatihan umkm gratis 2022 mengenai business plan akan membantu pengusaha umkm menyiapkan rancangan strategis business development (pengembangan bisnis dan usaha), serta pemasaran secara lebih luas (marketing).
  2. Pelatihan umkm gratis 2022 lainnya yang perlu diketahui pengusaha umkm adalah penyusunan laporan keuangan. Ada banyak aplikasi laporan keuangan yang praktis dan mendukung pengusaha umkm untuk menyajikan laporan keuangan kepada investor atau pemodal. Namun, setidaknya para pengusaha/owner memiliki pemahaman mendasar mengenai jenis-jenis laporan keuangan dan kegunaannya.
  3. Pelatihan selanjutnya yang dapat menjadi penambah tenaga usaha UMKM adalah pelatihan gratis umkm 2022 yang terkait erat dengan digital marketing. Pelatihan ini mencakup membuat konten dalam media sosial, menyajikan data secara menarik, inovatif dan kreatif. Menyusun kata-kata penjualan yang berbentuk persuasif melalui model copywriting yang menarik konsumen untuk membeli, serta copywriting untuk mempercantik produk-produk usaha agar banyak dikenal kalangan investor dan pemodal.
  4. Pada bagian terakhir, pengusaha umkm memerlukan asosiasi bisnis atau komunitas untuk saling berbagi pengalaman. Pada asosiasi bisnis atau komunitas ini biasanya ada banyak informasi mengenai pelatihan umkm 2022 yang bisa diikuti oleh para pengusaha. Beberapa komunitas yang direkomendasikan adalah HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) dan KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Republik Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.