Pelatihan UMKM Desa Menembus Pasar Internasional

Pelatihan UMKM Desa Menembus Pasar Internasional

Bagaimana Kisah Sukses UMKM Desa Menembus Pasar Internasional melalui pelatihan UMKM Desa?

Kejarumkm.com – Salah satu desa binaan Bumdes.id dalam Program Desa Brilian Tahun 2021 berhasil mengekspor buah Nanas ke Malaysia. 

Desa itu bernama Desa Kuala Alam di Bengkalis Provinsi Riau. Apa rahasia Kuala Alam berhasil mengangkat produk-produk unggulan desanya untuk menembus pasar internasional?

Rahasia terbesar Kuala Alam ada dari proses mencari potensi unggulan desa atau proses pemetaan potensi bentang alam dan bentang hidup desa.

Potensi ini diajarkan dan dilatih dalam pelatihan UMKM desa yang diadakan oleh Bank BRI dan Bumdes.id

Pelatihan UMKM desa di Kuala Alam diawali dengan mengidentifikasi potensi-potensi yang bisa dikembangkan melalui sebuah kertas kerja. 

Pada awalnya lahan-lahan tidur di Kuala Alam yang berisi lahan gambut sering menjadi masalah di musim kemarau. 

Lahan gambut yang terbakar biasanya akan menyebabkan polusi udara cukup pekat di Bengkalis dan bahkan meluas ke seluruh Provinsi Riau. 

Luas lahan gambut di Desa Kuala Alam sendiri mencapai ratusan hektar.

Pelatihan UMKM desa yang digelar di Kuala Alam berhasil mengidentifikasi potensi buah nanas untuk menyulap lahan gambut menjadi lahan nanas. 

Kuala alam bekerjasama dengan akademisi perguruan tinggi untuk meneliti cara peningkatan kualitas buah nanas agar tahan lama dalam pengemasan.

Dari hasil kolaborasi desa, BUMDes dan perguruan tinggi inilah, Kuala Alam berhasil melahirkan manisan nanas, keripik nanas dan kerajinan dari bekas tanaman nanas yang menjadi daya tarik unggulan. 

Pelatihan UMKM desa yang digelar di Kuala Alam membantu warga sekitar untuk meningkatkan skala usaha produk-produk manisan nanas dan keripik nanas agar layak jual. 

Pelatihan UMKM desa berfokus pada pengembangan produk, pengemasan sesuai dengan SNI (standar nasional indonesia). 

Ketentuan P-IRT (Perusahaan-industri rumah tangga) serta sertifikasi halal dari Dinas Kesehatan dan Koperasi/UMKM.

Bagaimana Pengaruh Pelatihan UMKM Desa terhadap kualitas produk ekspor?

Pelatihan UMKM desa di Kuala Alam memberikan pengaruh yang cukup besar. 

Misalnya ketika buah nanas berubah menjadi manisan nanas dan keripik nanas. 

Maka membutuhkan ilmu pengetahuan baru bukan? Nah, pelatihan UMKM desa memberikan pelatihan bagi warga masyarakat desa kuala alam untuk membuat manisan nanas dan keripik nanas. 

Melakukan pendampingan pembuatan kemasan yang sesuai dengan SNI, peningkatan pemahaman wawasan legalitas usaha hingga pemenuhan sertifikasi P-IRT dari Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi dan UMKM.

Pelatihan UMKM Desa Kuala Alam juga berfokus pada pembukaan mata rantai pasokan dengan menyiapkan skema penjualan produk-produk melalui toko-toko eceran, grosir hingga membuka jaringan ke luar pulau. 

Pertama kalinya, penjualan produk unggulan Desa Kuala Alam berhasil menembus pasar di Pulau Jawa dengan melakukan pengiriman puluhan truk buah nanas dan turunannya ke Provinsi DKI Jakarta melalui jalur laut. 

Kesuksesan ini  juga menembus pasar internasional yaitu pasar internasional di Malaysia. 

Pelatihan UMKM desa dapat membantu produk-produk unggulan desa untuk memenuhi standar internasional dan meningkatkan pendapatan warga masyarakat desa.

Bagaimana langkah-langkah mengikuti pelatihan UMKM Desa?

Pelatihan UMKM desa yang ada di Desa Kuala Alam merupakan adaptasi dan bisa refrensi untuk BUMDes lainnya. 

Anda bisa mengikuti kesuksesan Kuala Alam untuk mengangkat produk unggulan desa menembus pasar internasional dengan mengikuti pelatihan UMKM Desa yang oleh Kelompok Belajar UMKM. 

Silakan bisa menghubungi nomor kontak Kelompok Belajar UMKM (KejarUMKM) di: 0878-0590-0800.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.