Pelatihan Strategi Digital Marketing di Jogja

Pelatihan Strategi Digital Marketing di Jogja

KejarUMKM.com – Slogan UMKM naik kelas sekarang lebih banyak digunakan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM. 

Hal ini sejalan dengan pertumbuhan bisnis UMKM yang semakin go digital, sehingga UMKM naik kelas diarahkan untuk bertumbuh secara digital. 

Aplikasi pencatat pengiriman uang Flip merilis data bahwa lebih dari 80% UMKM kini telah tumbuh dan beralih ke ekosistem digital. 

Pertumbuhan ini tidak lepas dengan adanya pelatihan strategi digital marketing yang banyak diadakan oleh pemerintah pusat, daerah hingga perusahaan teknologi informasi (TIK) kepada pengusaha-pengusaha UMKM.

Fokus utama pelatihan strategi digital marketing adalah menciptakan ekosistem baru tempat bertumbuh UMKM. 

Sehingga UMKM dapat mengakses pasar baru, bertransaksi secara efektif dan efisien serta memperkenalkan dengan sistem pembayaran modern berbasis cashless, misalnya dengan QR code, kartu debit, e-money hingga dompet pembayaran digital. 

Selain itu pelatihan strategi digital marketing juga berfokus pada peningkatan kualitas dan kapasitas usaha UMKM. 

Ketika pengusaha UMKM dapat membangun visi usahanya secara digital, maka secara otomatis akan meningkatkan omset usaha dengan mendatangkan banyak arus lalu lintas pembelian dari pelanggan. 

Hal ini dapat menjadi salah satu tujuan diadakan pelatihan strategi digital marketing agar pengusaha UMKM mau berubah dan adaptif.  

Pelatihan Strategi Digital Marketing Jogja 

Beberapa pelatihan strategi digital marketing di jogja berfokus pada peningkatan kualitas produk dengan memberikan tambahan packaging yang menarik. 

Peningkatan tools-tools penjualan seperti membuka website gratis berjenis landing page, blog berjenis informasi usaha hingga akun-akun media sosial sebagai sarana penjualan. 

Selain itu juga ditambah dengan pelatihan strategi digital marketing berbasis cyber security, dimana peserta akan diberikan materi-materi mengelola database pelanggan, materi penggunaan keamanan tambahan otorisasi nomor handphone dan email usaha.

Pada beberapa pelatihan strategi digital marketing yang lain, pengusaha UMKM juga akan dibekali studi kasus manipulasi atau penipuan via online. 

Mulai dari mengidentifikasi bukti transfer palsu, pembukaan mutasi rekening bank sebagai sarana cek and ricek, pengamanan akun pesan instan bisnis hingga proses pelaporan kepada pihak kepolisian jika terkena penipuan.

Materi Pelatihan Strategi Digital Marketing

Materi-materi pelatihan strategi digital marketing dapat dipetakan ke dalam beberapa tema:

  1. Materi pelatihan strategi digital marketing penguatan kualitas seperti desain produk hingga proses penjualan melalui media online (website, media sosial hingga pesan instan).
  2. Materi pelatihan strategi digital marketing cyber security untuk membantu pengusaha UMKM mengenali jenis-jenis pelanggaran atau penipuan dalam dunia siber.
  3. Materi pelatihan strategi digital marketing berbasis komunitas dengan membangun jejaring edukator agar para penjual (seller) dapat berkumpul sharing-sharing pengetahuan mengenai keamanan digital. Sehingga nantinya jika ada kejahatan digital dapat langsung ditangani. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.