Pelatihan Strategi Digital Marketing di Era Pandemi

Pelatihan Strategi Digital Marketing di Era Pandemi

Pelatihan Strategi Digital Marketing di Era Pandemi

Memaksimalkan Omset Melalui Digital Marketing

Salah satu tujuan diadakan pelatihan strategi digital marketing adalah meningkatkan omset pengusaha umkm dari ekonomi digital.

Aplikasi transfer pengiriman uang, FLIP menyebut bahwa usaha UMKM kini telah mengalami digitalisasi di masa pandemi mencapai angka 80%.

Dampak dari digitalisasi ini adalah UMKM mampu meraup pangsa pasar baru di tengah pandemi dan tetap terus bertahan paska pandemi.

Bahkan dengan masuk dalam dunia digital umkm mampu menemukan skema bentuk bisnisnya yang baru.

Skema bentuk bisnis yang baru ini dalam pelatihan strategi digital marketing disebut dengan cloud kitchen. Apa itu cloud kitchen?

Sesuai dengan nama terjemahannya “dapur awan” dalam bahasa marketing merupakan proses penjualan makanan yang tidak memerlukan tempat yang luas, tapi bisa dikerjakan dimana saja.

Kemudian untuk proses penjualannya melibatkan strategi digital marketing. 

Jadi cloud kitchen adalah usaha umkm tempat orang berjualan makanan dan minuman (food and beverage).

Perbedaan utamanya adalah usaha ini tidak perlu menyewa ruko atau kios, cukup dikerjakan di dapur rumah saja bisa.

Baru nanti proses penjualannya mengandalkan pelatihan strategi digital marketing.

Nah, hal-hal seperti ini baru muncul di masa pandemi dan paska pandemi, bahkan beberapa umkm yang tadinya memiliki warung terbuka atau menyewa tempat kemudian berubah menjadi usaha umkm berjenis cloud kitchen.

Hubungan Cloud Kitchen dengan Digital Marketing

Ketika booming usaha cloud kitchen menjadi trend baru umkm, maka disisi lain minat dalam pelatihan strategi digital marketing juga meningkat.

Mengapa kedua hal ini berkaitan erat? Berikut beberapa alasan hubungan antara cloud kitchen dengan pelatihan strategi digital marketing:

  1. Usaha umkm berjenis cloud kitchen dilakukan di dapur rumah atau diteras rumah, sehingga tidak semua konsumen tahu produk yang dijual. Maka membutuhkan sarana bernama akun media sosial, website hingga aplikasi pesan instan, disinilah peran pengusaha umkm untuk memahami apa itu digital marketing dalam menjual produk-produk usaha umkm. 
  2. Pelatihan strategi digital marketing akan mendidik pengusaha UMKM untuk mengenas produk jualannya dalam bentuk kemasan yang menarik. Jadi desain produk tidak asal-asalan, ketika produk cloud kitchen sama dengan usaha lain, maka akan kurang bersaing, bahkan malah konsumen tidak percaya usaha itu ada. Justru dengan desain kemasan yang menarik akan banyak konsumen tertarik. 
  3. Pelatihan strategi digital marketing akan membantu pengusaha umkm dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan akun media sosial, halaman google business hingga penggunaan whatsapp business. Jadi, akun-akun media sosial ini bukan hanya tempat pajangan produk semata, tetapi juga tempat menjelaskan kepada konsumen apa saja yang anda jual dan apa saja yang bisa anda bantu kepada konsumen. Gimana? Tertarik dengan bisnis cloud kitchen?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.