Pelajari Strategi Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial yang Buat Bisnismu Semakin Sukses

Pelajari Strategi Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial yang Buat Bisnismu Semakin Sukses

Mengapa Strategi Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial Itu Penting? Strategi pemasaran UMKM media sosial penting dilakukan agar bisnis semakin mudah ditemukan oleh calon pembeli. 

Ada banyak keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasaran UMKM, yaitu meningkatkan pengenalan merek, menghemat biaya promosi, meningkatkan loyalitas pembeli, serta mudah diakses oleh khalayak. 

Strategi pemasaran yang dapat kamu coba untuk pemasaran UMKM melalui media sosial adalah dengan menggunakan platform digital yang banyak digunakan seperti TikTok, Instagram, dan Twitter.

  1. Informasikan Produk Baru Melalui Konten yang Menarik

Media sosial memegang peranan penting dalam perkembangan bisnismu. Saat ini, orang-orang lebih banyak tertarik dengan konten yang menarik dan sesuai dengan hal yang banyak disukai. 

Tidak ada salahnya untuk membuat konten yang beragam untuk memasarkan produkmu. Kamu bisa membuat artikel, video pendek, review, serta postingan menarik di media sosial untuk mempromosikan produkmu. Peluncuran produk baru biasanya membutuhkan strategi pemasaran UMKM agar calon pembeli tertarik untuk mencoba produkmu.

  1. Gunakan Fitur Iklan yang Ada Di Media Sosial

Media sosial kini tidak hanya digunakan untuk memposting momen-momen penting, tetapi juga menjadi wadah yang tepat bagi strategi pemasaran UMKM dari fitur iklan yang disediakan. 

Kamu bisa menampilkan produkmu di media sosial agar dilihat oleh target market. Beberapa platform yang menyediakan fitur iklan adalah Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok. 

Kamu dapat mengatur siapa saja yang melihat iklanmu sesuai dengan target yang kamu inginkan.

  1. Tingkatkan Interaksi Langsung dengan Konsumen

Setelah membuat akun media sosial sebagai strategi pemasaran UMKM, kamu perlu mengelola akunmu agar banyak dilihat oleh calon pembeli. 

Kamu bisa berinteraksi dengan pengikutmu dengan menggunakan fitur yang ada di media sosial yang kamu gunakan. 

Misalnya, di Instagram, kamu bisa membuat instastory yang memancing interaksi pengikutmu. Kamu juga bisa berinteraksi dengan membalas komentar pembeli, membalas pesan yang masuk, serta menyukai postingan orang-orang yang muncul di media sosial bisnismu.

  1. Gunakan Micro Influencer atau KOL

Jika bisnismu sudah cukup berkembang namun kamu ingin bisnismu dikenal oleh lebih banyak orang, kamu bisa menggunakan jasa KOL untuk meningkatkan jangkauan media sosialmu. 

KOL atau Key Opinion Leader adalah orang yang aktif menggunakan media sosial untuk menyampaikan pendapat dan keahliannya. 

KOL memiliki pengikut aktif yang menjadikan seorang KOL digemari. KOL seringkali lebih dipercayai masyarakat jika produkmu dikenalkan oleh mereka. Kamu bisa menggunakan jasa endorsement atau paid promote yang disetujui oleh KOL.

  1. Ulasan dan Testimoni Pelanggan Itu Penting

Setelah kamu mendapatkan pelanggan melalui media sosial, tentu ada umpan balik yang kamu terima dari para pelangganmu. 

Umpan balik tersebut dapat berupa ulasan atau testimoni. Kamu bisa memanfaatkan ulasan dan testimoni pelanggan sebagai bahan promosi. 

Strategi pemasaran UMKM ini cukup efektif dan relatif murah dibandingkan dengan iklan atau menggunakan KOL. 

Yang perlu kamu lakukan hanya meminta ulasan dari pembeli lalu diunggah ke media sosial UMKM-mu agar calon pembeli semakin percaya dengan produk yang kamu jual.

Itulah beberapa strategi pemasaran UMKM di media sosial yang bisa kamu terapkan agar bisnismu bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Simak terus artikel tentang bisnis dan UMKM lainnya hanya di kejarumkm.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.