Menerapkan Konsep AIDA untuk Menambah Pembelian

KejarUMKM.com – Salah satu cara meningkatkan omset penjualan dalam digital marketing adalah menggunakan strategi copywriting yang baik. 

Copywriting dalam istilah sederhana disebut dengan teknik menjual (sales). Teknik menjual ini perlu dipelajari kalangan pengusaha UMKM agar proses promosi produk-produk unggulan UMKM tidak hanya terkesan asal-asalan.

Atau hanya sekadar dipajang saja. Karena dengan menggunakan salah satu teknik digital marketing akan memudahkan UMKM mengkomunikasikan nilai-nilai (value) dari produk dan menarik hati pelanggan.

Banyak pelaku usaha UMKM ketika belum mengenal strategi copywriting digital marketing terkesan asal-asalan dalam mempromosikan dan menjual produk, misalnya berikut contoh-contoh cara menjual dengan konsep lawas ala pengusaha UMKM:

  1. Pasang foto produk saja dengan keterangan isi produk sedikit lalu mencantumkan no telepon. Hal ini tidak sesuai dengan konsep copywriting digital marketing. Itulah mengapa akun-akun media UMKM seringkali tidak menarik bagi pembeli.
  2. Desain poster dan foto produk asal-asalan atau tidak mengikuti zaman. Penampilan kemasan, poster dan produk juga merupakan bagian dari strategi digital marketing. Karena jika dilengkapi copywriting yang baik akan memicu pembeli untuk membeli.
  3. Kata-kata atau kalimat dalam proses promosi seringkali sama dan diulang-ulang. Pernahkah anda membaca akun media sosial produk UMKM yang terkesan templated dan sama dari satu postingan ke postingan yang lain? Nah, ini yang menyebabkan penjualan omset UMKM seringkali berjalan di tempat. Dengan menggunakan konsep strategi digital marketing yang baik, terutama dalam copywriting maka dapat meningkatkan omset penjualan. 

Bagaimana Memulai Copywriting dengan AIDA?

Konsep AIDA dalam copywriting digital marketing akan membantu UMKM mempromosikan atau menjual produknya dengan strategi yang halus dan terstruktur. 

Bahkan proses promosi ini dapat didesain berbeda antara satu produk dengan produk yang lain. 

Sehingga tidak akan lagi ditemukan penjualan foto produk UMKM yang terus menerus itu-itu saja bahasa penjualannya. 

Dengan menggunakan konsep AIDA dalam digital marketing copywriting, maka produk UMKM memiliki narasi yang baru.

Apa itu narasi? Narasi adalah cerita yang menjadi bumbu penjualan produk. Pernahkah anda melihat iklan dari lembaga kemanusiaan atau lembaga zakat yang seringkali mengangkat kisah sedih? Yapz,

Digital marketing copywriting berbicara soal narasi produk mirip seperti itu. Sementara AIDA adalah bagian dari proses membentuk narasi agar produk kita cocok dan diambil oleh konsumen. 

Teknik Menyusun AIDA Produk UMKM

Digital marketing copywriting AIDA merupakan teknik pemasaran yang wajib dikuasai oleh kalangan UMKM. 

AIDA sendiri merupakan singkatan dari Attention (perhatian), interest (minat), desire (keinginan) dan action (aksi). 

Empat konsep ini adalah teknik  dasar copywriting digital marketing dalam menjual produk secara efektif dan dibalut dengan narasi dari produk. Mari kita bahas satu per satu:

  1. Attention (perhatian). Pada tahapan ini pengusaha UMKM ketika menjual produk harus dapat menarik perhatian konsumen. Bisa dengan membahas masalah mereka, menanyakan kondisi hari ini dan bahkan membahas hal-hal yang sedang tren dan kemudian ditautkan dengan penawaran produk. Ini adalah langkah awal menyusun copywriting digital marketing.
  2. Interest (minat atau ketertarikan). Pada langkah copywriting digital marketing ini, pengusaha UMKM dapat menumbuhkan ketertarikan atau keinginan yang konsumen inginkan.
  3. Desire (keinginan). Ketika konsumen sudah tertarik dan ingin, maka bisa diarahkan untuk call to action (CTA).
  4. Action (aksi) bisa juga disebut CTA yaitu proses untuk melangkah, menghubungi, membeli atau bergabung. Ini disesuaikan dengan strategi dari pelaku usaha UMKM itu sendiri. 

Jika anda berminat dalam proses pelatihan copywriting digital marketing UMKM dapat bergabung dengan Kelompok Belajar UMKM melalui kontak berikut ini: 0878 0590 0800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.