Mendaftar KUR di Bank BRI

Mendaftar KUR di Bank BRI

Kredit usaha rakyat adalah program pemerintah untuk memberikan kesempatan bagi pengusaha umkm untuk mengakses permodalan secara mudah.

Dibandingkan dengan sistem kredit lain, kredit usaha rakyat memberikan banyak kemudahan seperti bunga kecil dan disubsidi pemerintah. Selain itu dengan pinjaman maksimal 5 juta bisa dilakukan tanpa dengan jaminan atau agunan.

Salah satu bank yang ditunjuk untuk memberikan kredit usaha rakyat (KUR) adalah Bank BRI. Bank yang dimilik oleh pemerintah Indonesia ini memiliki jaringan kantor dan unit usaha sampai ke pedesaan.

Selain itu kredit usaha rakyat bri juga diberikan porsi yang cukup besar, lebih dari 60 persen kredit usaha rakyat dari pemerintah diberikan melalui bank bri. 

Selain memiliki fasilitas kredit usaha rakyat, bank bri juga memiliki tabungan khusus bagi masyarakat pedesaan yang biasa disebut dengan simpanan pedesaan.

Simpanan ini nantinya bisa menjadi rekening penampungan kredit atau menjadi media untuk mengangsur langsung diambil dari tabungan. 

Nah, bagaimana cara mendaftar atau mengajukan kredit usaha rakyat melalui bank BRI? Ada tiga tahapan yang perlu disiapkan:

  1. Tahapan pertama adalah menyiapkan dokumen berupa: kartu tanda pendudukan, kartu keluarga, dokumen surat ijin usaha berupa surat keterangan usaha dari kelurahan (disarankan sebelum mengajukan kredit usaha rakyat bri telah memiliki usaha yang berjalan tiga bulan atau lebih). Selain dokumen-dokumen diatas, disarankan untuk memiliki tabungan bri yang telah dioperasionalkan atau telah diaktifkan. 
  2. Tahapan kedua adalah memilih jenis kredit usaha rakyat bri. Kredit usaha rakyat bri terdiri dari kredit usaha rakyat mikro dan kecil. Dimana plafon untuk kredit mikro maksimal 50 juta, sementara untuk kredit usaha rakyat kecil mencapai 500 juta.
  3. Tahapan ketiga adalah mengunjungi langsung cabang bank bri terdekat. Usahakan mengunjungi pada saat jam-jam bukan jam sibuk. Yang dimaksud jam sibuk adalah jam pagi dan jam sehabis makan siang. Jadi bisa mengunjungi ke kantor bank bri antara jam 9 sampai 11 siang. 

Selain syarat-syarat diatas, pastikan ketika akan mengajukan kredit usaha rakyat bri. Anda tidak memiliki utang alias kredit macet di tempat lain.

Baik dari bank, pinjaman online maupun paylater. Karena hal ini akan menjadi pertimbangan untuk menolak pinjaman Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *