Memaksimalkan Potensi Usaha

Memaksimalkan Potensi Usaha Melalui Pendampingan UMKM

UMKM merupakan salah satu pondasi dasar perekonomian di Indonesia yang berkontribusi mencapai 60% dari PDB dan penyerapan tenaga kerja sebesar 96,9% per Agustus 2022. 

Dengan peran yang sangat penting ini, pengembangan UMKM telah menjadi fokus utama pemerintah dalam penguatan ekonomi. 

Selain itu, bukan hanya pemerintah yang berupaya memperkuat UMKM sebagai tonggak ekonomi tetapi saat ini ada banyak Lembaga hingga berbagai institusi yang kredibel menyadari pentingnya peran UMKM. 

Hanya saja, ditengah banyaknya program pendukung UMKM dan perkembangan era digitalisasi kian melesat.

UMKM di Indonesia belum mampu memaksimalkan peluang dan potensi itu sebagai alat untuk mengembangkan usahanya. 

Hal ini dapat terjadi karena minimnya pendampingan dan pemahaman dalam optimalisasi potensi usaha yang dimiliki tiap UMKM. 

Oleh karena itu pendamping bisnis menjadi bagian yang penting bagi pemilik UMKM untuk memaksimalkan potensi usaha masing-masing.

Jenis Pendampingan UMKM Online yang Dapat Diikuti

Setelah pandemi Covid-19, terdapat lebih dari 90% UMKM yang mengikuti pendampingan dan berhasil melewati krisis ekonomi.

Proses ini berhasil membuktikan bahwa UMKM dapat memaksimalkan potensi usahanya melalui pendampingan UMKM sekalipun melalui virtual. 

Pendampingan UMKM dapat meliputi kegiatan untuk mendorong UMKM menjadi industri besar dengan membuka rantai pasokan baru, masuk ke dalam dunia digital serta dapat mengakses bahan baku dengan harga terjangkau agar bisa memaksimalkan keuntungan.

Kini pendampingan UMKM dapat anda ikuti secara online dengan beragam jenis program pendampingan. Umumnya jenis pendampingan UMKM online yang dapat anda ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Pendampingan penyusunan kelembagaan usaha berupa struktur organisasi dan tata kerja. Penyusunan ini akan membantu UMKM dalam membangun organisasi bisnis yang efektif dan efisien.
  2. Pendampingan penyusunan laporan keuangan usaha. Pendampingan ini bermanfaat bagi pemilik usaha UMKM bahwa keuangan merupakan bagian penting dari keberlanjutan bisnis mikro, kecil dan menengah.
  3. Pendampingan digital marketing berupa pelatihan menyusun kampanye media sosial , menyusun landing page website hingga menyusun iklan promosi melalui facebook ads dan instagram ads.

KELEBIHAN MENGIKUTI PENDAMPINGAN UMKM ONLINE

Pendampingan UMKM terbukti membawa kemajuan bagi pemilik usaha untuk survive dan kreatif dalam memperbesar skala usaha hingga menjadi UMKM naik kelas terstandar.

Meskipun saat ini kita memasuki era new normal sehingga hampir sebagian besar kegiatan beralih secara online, tentu saja pendampingan UMKM online juga sudah banyak tersedia. 

Melalui kegiatan ini tentunya terdapat banyak manfaat yang akan diperoleh ketika anda memutuskan untuk mengikuti pendampingan UMKM online, yaitu:

  1. Jika UMKM berhasil menyusun organisasi bisnis dengan lebih rapi melalui pendampingan UMKM, maka mengembangkan dan melakukan ekspansi unit usaha menjadi lebih mudah.
  2. Owner hanya fokus pada bisnis inti, sementara pada jabatan-jabatan tata kerja tertentu sudah dihandle oleh tenaga kerja-tenaga kerja ahli sesuai struktur organisasi.
  3. Digitalisasi UMKM melalui pendampingan UMKM online, ini akan memberikan nilai tambah berupa pendapatan usaha naik hingga mencapai di atas 25 persen atau beberapa lebih tinggi berada di angka 70 persen dalam  survei terbaru dari perusahaan penyedia aplikasi transfer uang.
  4. Melalui pendampingan UMKM online maka UMKM dapat melakukan penyusunan laporan keuangan berbasis SAK EMKM atau standar akuntansi berbasis entitas mikro kecil dan menengah. 

Laporan keuangan terstandar ini akan berguna bagi UMKM dalam mengajukan kredit ke perbankan besar seperti bank-bank BUMN untuk mengakses kredit usaha rakyat (KUR) secara mudah.

Beragam jenis kegiatan dan manfaat yang akan diperoleh dalam pendampingan UMKM online yang dapat dengan mudah anda ikuti dimana saja dan kapanpun. 

Melalui pendampingan UMKM online diharapkan para pelaku UMKM dapat menemukan dan memaksimalkan potensi usahanya sehingga berhasil dalam persaingan yang semakin ketat khususnya di era pemulihan ekonomi saat ini. 

Tentunya anda harus menemukan pendamping UMKM yang tepat agar dapat membantu dalam pengembangan usaha bisnis anda. 

KejarUmkm merupakan kelompok komunitas belajar bersama UMKM yang menawarkan diri menjadi mitra anda dan memberikan pendampingan UMKM online dengan beragam materi dan benefit yang akan anda terima. 

Mari perkuat UMKM anda bersama kami melalui Pendampingan UMKM online dengan klik link berikut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.