Materi Pendampingan UMKM 2022

KejarUMKM.com – Pendampingan UMKM 2022 didesain khusus agar UMKM bisa mengembangkan produk agar bisa bersaing dengan hasil industri. 

Selain itu pendampingan UMKM juga dirasa perlu untuk menyikapi perubahan zaman untuk memacu lanskap sektor industri dan ekonomi mikro. 

Jika dahulu sektor ekonomi mikro dihadapkan pada sulitnya melakukan pengembangan usaha, susahnya mencari partner bisnis serta beratnya mengikuti pelatihan dan pendampingan UMKM. 

Kini, setelah satu dekade ekonomi Indonesia mengalami lompatan yang luar biasa. 

Sektor UMKM mengalami perubahan signifikan, terutama akses pada pendampingan UMKM 2022 yang semakin mudah. 

Pada zaman orde baru, UMKM masih menjadi anak tiri yang belum tentu diperhatikan. Keberadaannya masih disamakan dengan koperasi.

Padahal keduanya memiliki segmentasi yang berbeda. Koperasi bergerak dalam simpan pinjam dan penghimpunan dana masyarakat. 

Sementara UMKM merupakan sektor usaha yang memutar dana pinjaman menjadi dana produktif. 

Karena pola pikir ini, pendampingan UMKM pada saat itu hanya bertumpu pada pengelolaan dana pinjaman.

Kini pada pendampingan UMKM 2022, satu dekade setelah reformasi materi-materi yang diberikan dalam pelatihan UMKM mulai bervariasi. 

Dari yang tadinya membosankan hanya berbicara soal kredit perbankan, kartu kredit, hingga mencari dana pinjaman dari koperasi atau lembaga keuangan bukan bank. 

Kini materi-materinya mulai memperhatikan kualitas peningkatan usaha UMKM seperti pembenahan tata kelola dan manajemen, aspek legalitas hingga aspek penyusunan standar operasional prosedur di bidang tata kelola keuangan. 

Materi pendampingan UMKM terdahulu yang terlihat berat, kemudian dalam pendampingan UMKM 2022 mulai disederhanakan. 

Hal ini mengingat pelaku usaha UMKM mulai membesar, UMKM menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia sehingga pembenahan dan perbaikan kualitas dapat diserap dan dipahami oleh semua elemen. 

Pendampingan UMKM kini mengalami fokus yang lebih besar, salah satunya berbicara mengenai upaya naik kelas. 

Menjangkau pasar konsumen internasional lintas benua, serta berbicara manajemen impor bahan baku dan mengurai rantai pasok nasional. 

Materi-materi pendampingan UMKM 2022 masa kini dapat diakses melalui lintas institusi seperti:

  1. Pelatihan dan pendampingan UMKM dari Dinas Koperasi dan UMKM di beberapa kabupaten, kota dan bahkan provinsi. Misalnya dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi DIY saja mereka memiliki program pendampingan UMKM bernama Si Bakul. Pada proses pendampingan UMKM 2022 ini, dinas terkait mengumpulkan pelaku usaha UMKM untuk mendapat materi-materi perbaikan kualitas UMKM dan disesuaikan sasarannya dengan target dari dinas.
  2. Pelatihan dan pendampingan dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif. Karena sektor UMKM terikat langsung dengan dunia industri kreatif, maka materi-materi pendampingan UMKM 2022 juga bisa didapat dari Kemenparekraf. Nah, materi pelatihan dan pendampingan dari kementerian ini secara lebih spesifik berbicara mengenai peningkatan skala usaha sektor kreatif dengan membuka rantai pasok internasional, misalnya cara meningkatkan penjualan produk merchandise ke pasar eropa atau amerika.
  3. Pelatihan dan pendampingan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi. Karena sektor teknologi dan informasi adalah tulang punggung ekonomi dalam bertahan (survive) di masa pandemi. Maka materi-materi pelatihan dan pendampingan UMKM 2022 juga bisa didapat di Kementerian Komunikasi dan Informasi. Pendampingan UMKM dari kementerian ini berfokus pada peningkatan skala usaha melalui sarana teknologi seperti pembuatan website, blog, akun media sosial dan marketplace serta tata cara melakukan optimasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.