Materi Digital Marketing UMKM untuk Pemula

Materi Digital Marketing UMKM untuk Pemula

Kejarumkm.com – Hadirnya digitalisasi di masa pandemi mempercepat segala sektor industri berpindah dari dunia konvensional menjadi digital.

Termasuk sektor usaha mikro kecil dan menengah yang dipaksa dan terpaksa harus masuk ke dalam digitalisasi.
Perubahan ini memaksa pelaku umkm untuk memahami materi-materi digital marketing yang belum banyak dipahami pelaku usaha.

Sebelum hadirnya digitalisasi, pelaku umkm hanya berkutat pada manajemen materi keuangan konvensional, tata pembukuan.

Hingga penggunaan internet hanya sebatas landing page website dan informasi yang bersifat satu arah semata.
Namun dengan hadirnya digitalisasi, maka belajar materi digital marketing untuk pemula menjadi hal yang wajib.

Lalu apa sih materi materi digital marketing yang setidaknya perlu dikuasai oleh pebisnis umkm pemula? Berikut rangkumannya:

Materi digital marketing yang terkait dengan pengelolaan sosial media (instagram dan facebook) dan pesan instan seperti whatsapp, line dan telegram.

Jika lima tahun yang lalu cukup memiliki akun media sosial, maka tantangan ke depan adalah mengoptimalisasi akun media sosial.

Jadi berbeda dengan cuman memiliki saja, tetapi juga harus dioptimalkan. Berapa banyak akun-akun media sosial umkm yang tidak terurus dengan baik?

Kelemahan inilah yang harus diperbaiki dan menjadi perhatian pelaku usaha UMKM.

Materi digital marketing yang terkait dengan sales penjualan berupa teknik-teknik promosi. Teknik-teknik promosi yang terbiasa digunakan adalah copywriting dan content writer.

Teknik copywriting digunakan untuk menjelaskan, menawarkan dan memberikan penawaran kepada konsumen untuk mengambil aksi (call action) untuk membeli produk-produk kita.

Teknik digital marketing pada promosi secara gratis maupun promosi berbayar. Dunia digital marketing menawarkan cara mudah untuk promosi melalui internet seperti membangun komunitas (kolam penjualan seperti daftar kontak) hingga memberikan cara melakukan promosi secara berbayar melalui facebook ads (iklan facebook) maupun instagram ads (iklan instagram).

Bahkan hingga terbaru ini telah muncul tiktok ads (iklan tiktok) yang berhasil digunakan sebagai sarana penjualan dengan omset miliaran rupiah.

Tools-tools gratis di internet seperti google business sebagai landing page penjualan.

Google business merupakan tools gratis dari perusahaan Google yang bisa digunakan secara mudah bagi pelaku umkm untuk menempatkan informasi utama usaha anda, mulai dari peta lokasi penjualan, link-link pembelian hingga testimoni pembeli secara cepat.

Memahami marketplace dan komunitas marketplace seperti shopee dan tokopedia adalah materi digital marketing yang cukup penting.

Marketplace menduduki posisi kedua sebagai sarana penjualan terbesar umkm setelah sosial media. Penggunaan marketplace akan memudahkan penjualan umkm meraih pangsa pasar yang lebih luas.

Lima materi materi digital marketing di atas merupakan rekomendasi wajib yang dikuasai untuk pemula.

Karena dengan mempelajari materi-materi dasar akan memudahkan proses pengembangan usaha (scale up) usaha UMKM di masa digitalisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.