Manfaat Digital Marketing untuk UMKM

Manfaat Digital Marketing untuk UMKM

KejarUMKM.com – Berikut delapan manfaat digital marketing untuk UMKM terutama bisa dilakukan secara online. 

Perkembangan internet dan teknologi informasi telah berkembang sangat pesat. 

Di era digital ini aktivitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan internet dan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya. 

Dengan banyaknya pesaing baik dari dalam maupun luar negeri  menjadi pertimbangan bagi pelaku usaha untuk melakukan inovasi dalam memenangkan persaingan tersebut. 

Dengan menggunakan strategi dan digital marketing yang tepat, maka diharapkan pelaku usaha dapat meraih pangsa pasar yang dituju sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Pelaku usaha UMKM harus mampu bersaing di era digital seperti sekarang ini, karena saat ini. 

Digital marketing menjadi peran utama untuk meningkatkan daya saing ekonomi,  baik dari skala kecil hingga perusahaan besar sekalipun. 

Internet dan digital marketing memiliki faktor penting dalam menarik konsumen, seperti kegiatan promosi yang dilakukan.

Dengan menerapkan digital marketing, komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu dan bisa diakses oleh banyak orang. 

Sehingga memudahkan calon customer dalam melihat berbagai barang dan informasi mengenai produk yang diinginkan. 

Kemudahan dalam pemesanan dan kemampuan konsumen dalam membandingkan satu produk dengan produk lainnya.

Banyak keuntungan yang didapatkan dari penerapan digital marketing ini, mulai dari peningkatan pendapatan

Era modern ini menghadirkan cara – cara baru dalam melakukan aktivitas berbisnis, salah satunya yaitu melalui platform internet atau online. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa pelaku usaha peroleh jika menerapkan digital marketing :

  • Memudahkan interaksi dengan pelanggan

Seperti yang sudah disampaikan di atas, digital marketing dapat menghubungkan penjual dan konsumen di mana saja dan kapan saja secara online. Kegiatan ini sangat menguntungkan pelanggan karena tidak harus datang melihat produk yang diinginkan, hanya membaca informasi deskripsi produk atau dengan menggunakan fitur chat yang telah disediakan oleh berbagai platform yang digunakan oleh pelaku usaha.

  • Memudahkan pelanggan dalam mencari toko offline

Ada beberapa cara yang akan membantu pelanggan untuk menemukan toko yang ingin dicari, salah satunya adalah dengan cara membuat akun google my business untuk pelaku usaha, fitur yang ditawarkan gratis sehingga tidak memerlukan anggaran yang banyak, dengan menggunakan fitur ini orang orang bisa menemukan alamat toko anda di laman google.

  • Mengurangi Biaya promosi

Untuk para pelaku usaha yang baru memulai usaha, digital marketing organic ini sangat membantu karena tidak membutuhkan biaya promosi. Hanya dengan memposting dan memberikan informasi terkait produk di berbagai platform tanpa perlu mencetak brosur atau spanduk.

  • Menjangkau pelanggan lebih luas

Menggunakan digital marketing tidak memiliki Batasan dalam menjangkau pelanggan baik dalam maupun luar negeri. Dengan melakukan analisis agar target pasar sesuai dengan produk yang ditawarkan, Analisa tersebut dapat dilakukan dengan pencarian data di Internet, atau dengan menggunakan pemasaran berbayar (paid digital marketing), jika ingin menggunakan paid marketing pelaku UMKM hanya akan menentukan lokasi, hobi, usia dan lainnya.

  • Meningkatkan penjualan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan menggunakan digital marketing pelanggan yang didapatkan jauh lebih banyak dan luas, sehingga pendapatan para pelaku UMKM pasti akan meningkat juga seiring dengan penambahan pelanggan yang berbelanja.

  • Mudah menganalisa penjualan

Digital marketing membantu menganalisa penjualan seperti barang apa saja yang paling banyak dicari, barang yang cepat terjual habis, rating dari konsumen yang telah membeli produk, sehingga para pelaku UMKM dapat menganalisa kondisi pasar, mengetahui keinginan konsumen, meningkatkan performa penjualan, dengan begitu penjualan menjadi lebih baik.

  • Tidak memerlukan toko offline

Mengurangi biaya operasional seperti maintenance toko, pembangunan toko ataupun sewa toko, karena dengan adanya digital marketing, penjualan dilakukan hanya menggunakan hp ataupun laptop dna internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.