Manfaat Digital Marketing Untuk Peningkatan Omset Usaha UMKM

Manfaat Digital Marketing Untuk Peningkatan Omset Usaha UMKM

KejarUMKM.com – Digital marketing memiliki sederet manfaat bagi perkembangan sektor UMKM

Paska pandemi manfaat digital marketing menunjukkan tajinya dengan membantu UMKM meraih pangsa pasar baru lebih dari 60%. 

Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya transaksi penjualan produk-produk UMKM beralih dari pasar penjualan konvensional menuju pasar penjualan daring/online.

Selain itu, manfaat digital marketing juga merasakan konsumen yang membeli produk-produk UMKM. 

Dari awalnya membeli produk-produk UMKM harus datang ke lokasi (on-site) dan bertatap muka dengan penjual terbatasi waktu dan ruang. 

Kini membeli produk-produk UMKM dapat melalui platform Daring. 

Perubahan perilaku konsumen ini turut mengubah perilaku transaksi pembayaran yang dari tadinya berbentuk uang kas menjadi uang digital atau cashless.

Manfaat digital marketing sendiri akhirnya berdampak pada semua sektor, tidak hanya UMKM. 

Multiplier effect ini terasa sampai dengan pihak perbankan yang melihat transaksi penjualan dan pembayaran melalui mekanisme digital.

Seperti mobile banking dan internet banking serta qr code mengalami lonjakan cukup tajam. 

Apalagi dengan hadirnya sistem layanan transfer dari Bank Indonesia bernama BI Fast yang memudahkan sektor usaha kecil. 

Menengah bertransaksi secara cepat, efektif, efisien dengan biaya yang murah hanya Rp2.500 saja sekali transfer dengan maksimal dana Rp250 juta.

Dampak berkelanjutan digital marketing sebenarnya bisa disusun dan diproyeksikan ketika UMKM merencanakan diri untuk naik kelas. 

UMKM dapat menggunakan strategi digital marketing untuk memperluas pangsa pasar, meningkatkan omset usaha serta mencari prospek-prospek baru. 

Berikut beberapa manfaat digital marketing untuk UMKM sejak masa pra penyusunan, realisasi hingga evaluasi:

Manfaat digital marketing masa penyusunan proposal usaha:

  1. Mudah untuk memprediksi biaya promosi dan marketing. Karena perhitungan dalam digital marketing lebih sistematik dan detail.
  2. Mudah untuk mengatur channel-channel penjualan yang akan menarik pelanggan.
  3. Mudah untuk membuat database pelanggan yang tertarik dengan produk. Dibandingkan dengan sistem manual, sekarang manfaat digital marketing hadir dengan adanya aplikasi pesan otomatis yang merekap data konsumen dalam hitungan real time. Jadi anda tidak membutuhkan buku dan alat tulis lagi.
  4. Mudah untuk memprediksi eksposure konsumen baru yang tertarget. Iklan-iklan dalam manfaat digital marketing dapat dengan mudah dipelajari demografi dan struktur calon konsumen baru.

Manfaat digital marketing pada tahap realisasi dan evaluasi:

  1. Database calon konsumen yang sudah masuk untuk pengembangan sendiri dalam hal bisnis. Misalnya dari 100 pelanggan yang masuk, ternyata hanya 50 yang kemudian merespon. Sisanya jangan dibuang, tetapi atur kembali dalam prospek bisnis lain. 
  2. Digital marketing akan memudahkan menyeimbangkan break even point (BEP), owner UMKM dapat dengan mudah menyeimbangkan peningkatan biaya produksi, apalagi database yang berminat dengan produk-produk UMKM telah closing dan menunjukkan adanya trend kenaikan omset. 
  3. Digital marketing akan memudahkan owner UMKM dalam merekap transaksi usaha, melakukan konversi produk dan bahkan melakukan pembayaran gaji (payroll) pegawai dan sales baik dalam sistem atau freelance berbentuk reseller dan dropshipper. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.