Kelebihan Mengikuti Pendampingan UMKM

Pasca pandemi lebih dari 90 persen usaha yang mengikuti pendampingan UMKM berhasil melewati krisis dan masuk ke dunia baru bernama digitalisasi. 

Proses ini berhasil membuktikan bahwa UMKM dapat naik kelas dengan mengikuti pendampingan-pendampingan dari lembaga dan institusi yang kredibel. 

Apa saja yang biasanya memberikan dalam proses pelatihan dan pendampingan?

  1. Pendampingan penyusunan kelembagaan usaha berupa struktur organisasi dan tata kerja. Penyusunan ini akan membantu UMKM dalam membangun organisasi bisnis yang efektif dan efisien.
  2. Pendampingan penyusunan laporan keuangan usaha. Pendampingan ini bermanfaat bagi pemilik usaha UMKM bahwa keuangan merupakan bagian penting dari keberlanjutan bisnis mikro, kecil dan menengah. 
  3. Pendampingan digital marketing berupa pelatihan menyusun kampanye media sosial , menyusun landing page website hingga menyusun iklan promosi melalui facebook ads dan instagram ads.

Manfaat UMKM Naik Kelas Melalui Pendampingan

  1. Jika UMKM berhasil menyusun organisasi bisnis dengan lebih rapi melalui pendampingan UMKM, maka mengembangkan dan melakukan ekspansi unit usaha menjadi lebih mudah.
  2. Owner hanya fokus pada bisnis inti, sementara pada jabatan-jabatan tata kerja tertentu sudah dihandle oleh tenaga kerja-tenaga kerja ahli sesuai struktur organisasi.
  3. UMKM naik kelas melalui digitalisasi hasil pendampingan UMKM. Juga akan memberikan nilai tambah berupa pendapatan usaha naik hingga mencapai di atas 25 persen atau beberapa lebih tinggi berada di angka 70 persen dalam survei terbaru dari perusahaan penyedia aplikasi transfer uang.
  4. UMKM  naik kelas dengan melakukan penyusunan laporan keuangan berbasis SAK EMKM atau standar akuntansi berbasis entitas mikro kecil dan menengah. Laporan keuangan terstandar ini akan berguna bagi UMKM dalam mengajukan kredit ke perbankan besar seperti bank-bank BUMN untuk mengakses kredit usaha rakyat (KUR) secara mudah. 
  5. UMKM naik kelas dengan melakukan transformasi digital. Pernahkah membayangkan bahwa kafe dan usaha rumahan roti kue sekarang tidak hanya melayani pembeli melalui tatap muka saja? Bahkan dengan transformasi digital, usaha kafe, rumah makan, pabrik UMKM roti dan kue dapat melayani pemesanan secara online real time dengan pembayaran berbasis cashless (online melalui transfer bank, debit card hingga QRIS). 

Pendampingan UMKM terbukti membawa kemajuan bagi pemilik usaha untuk survive dan kreatif dalam memperbesar skala usaha hingga menjadi UMKM naik kelas terstandar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.