Jenis Tabungan Bisnis Untuk UMKM

Jenis Tabungan Bisnis Untuk UMKM

Kejarumkm.com – Jenis tabungan bisnis untuk UMKM sangat penting karena merupakan bagian dari penataan keuangan bagi pengusaha UMKM. 

Tabungan UMKM berfungsi untuk memisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha agar kestabilan ekonomi usaha bisa tertata dengan baik. 

Kelompok Belajar UMKM (KejarUMKM) merekomendasikan para pengusaha UMKM untuk memisahkan rekening perusahaan dengan rekening pribadi. 

Salah satunya dengan membuat akun tabungan masing-masing. 

Satu rekening untuk tabungan pribadi yang digunakan untuk kepentingan pribadi seperti kebutuhan biaya sehari-hari, operasional pribadi hingga tabungan pribadi. 

Kemudian satu rekening lagi dikhususkan untuk menampung transaksi keuangan usahanya, baik transaksi pemasukan, pengeluaran hingga operasional usaha sekecil apapun harus ditata dari rekening perusahaan. 

Nantinya jika pemisahan ini telah berhasil, maka pelaku UMKM tinggal menyempurnakan ke dalam laporan keuangan usaha UMKM. 

Laporan keuangan usaha ini bermanfaat untuk bahan pengambilan keputusan, antara lain: pertimbangan menambah modal, proyeksi laba rugi hingga proyeksi pengembangan usaha.

Rekening usaha untuk UMKM atau tabungan bisnis saat ini sudah banyak ditawarkan oleh perbankan BUMN maupun perbankan swasta. 

Ada dua jenis tabungan bisnis yang dapat digunakan oleh pengusaha UMKM:

  1. Jenis pertama adalah tabungan bisnis online, tabungan ini bisa dibuka menggunakan smartphone, mengisi data, melakukan foto selfie dan kemudian rekening bisnis sudah bisa langsung digunakan (tanpa memerlukan buku tabungan dan kartu atm). Semua transaksi dipantau melalui smartphone.
  2. Jenis kedua adalah tabungan bisnis konvensional, dimana tabungan ini bisa dibuka melalui online atau datang langsung ke kantor cabang bank. Nantinya pengusaha UMKM akan mendapat buku tabungan, atm dan juga akses mobile banking dan internet banking.

Selain dua jenis tabungan bisnis di atas, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan. Tabungan bisnis dapat berbentuk atas nama pribadi pemilik perusahaan (owner). 

Atau juga dapat dibuka atas nama perusahaan (jika perusahaan anda telah memiliki legalitas usaha.  

Misalnya begini, Dody Hermawan memiliki usaha pembuatan souvenir dari kerajinan kayu dengan badan hukum CV. Souvenir Kayu Sejahtera di Kabupaten Bantul. 

Kemudian karena ingin membuka rekening usaha, Dody Hermawan dapat membuka rekening dengan dua pilihan:

  1. Rekening atas nama Dody Hermawan yang dikhususkan untuk transaksi bisnis penjualan souvenir.
  2. Atau rekening atas nama CV. Souvenir Kayu Sejahtera. Untuk pembuatan rekening jenis ini, Dody Hermawan perlu melampirkan akta notaris pendirian, surat ijin usaha hingga nomor pokok wajib pajak (NPWP) perusahaan. 

Kemudian seperti yang telah dijelaskan di atas, saat ini juga terdapat bank-bank digital yang menawarkan tabungan bisnis online tanpa harus tatap muka datang ke bank. 

Para pengusaha UMKM dapat membuka rekening online hanya dari smartphone:

  1. Bank Jenius Bisnis. Pelaku UMKM hanya perlu mengunduh aplikasi Jenius, kemudian membuka rekening jenius dan sekaligus Jenius Bisnis. Nantinya rekening bisa langsung digunakan.
  2. Bank Jago. Pelaku UMKM juga sama hanya perlu mengunduh aplikasi bank Jago, mengisi data diri dan langsung mendapat akun rekening bisnis untuk usaha. Mudah bukan? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.