Jenis Digital Marketing UMKM

Jenis Digital Marketing UMKM

KejarUMKM.com – Digital Marketing adalah metode dimana perusahaan mendukung barang, jasa dan branding. 

Digital Marketing merupakan cara berinteraksi dengan para calon customer melalui online seperti browser online, email, advertising, social media, dan influencer. 

Dengan melakukan pemasaran melalui digital akan menggaet customer dengan cepat dan luas. 

Seperti yang kita ketahui penerimaan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari. 

Sehingga banyak masyarakat yang menggunakan internet untuk mencari kebutuhan atau keinginan yang mereka inginkan. 

Digital Marketing juga telah banyak digunakan untuk oleh semua kalangan, mulai dari perusahan besar hingga usaha rumahan. 

Digital marketing sudah menjadi kebutuhan pasar yang mendasar, fasilitas internet telah merubah paradigma pasar. 

Mulai dari pemasaran, dan pemesanaan yang dapat dilakukan melalui internet. 

Sebelum menggunakan digital marketing ada beberapa yang harus dipahami yakni harus mengenal audiens yang ingin ditargetkan. 

Harus memiliki strategi media sosial yang ingin digunakan, sering melakukan pengecekan trend untuk beberapa konten yang ingin di posting dan mempelajari atau memahami berbagai platform yang digunakan.

Digital marketing dibagi menjadi dua jenis  yaitu:

  1. Organic Marketing

Digital marketing yang menggunakan organic adalah perusahaan atau perorangan yang tidak mengharuskan untuk membayar postingan setiap kali ada yang melihat atau berkunjung di postingan tersebut. 

Organic marketing tidak dipungut biaya tetapi memiliki customer yang lebih sedikit jika hanya digunakan dalam jangka pendek.

Beberapa macam Organic Marketing :

  • Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah cara untuk mengoptimalisasi website agar mendapat ranking teratas. Penerapan SEO menggunakan kata kunci (keyword)  dalam pencarian seperti google. Jika banyak pengunjung yang mengunjungi web tersebut maka web tersebut akan berada paling depan atau akan berada di page bagian awal. Konsumen akan menggunakan untuk mencari informasi melalui online.

  • Social Media Organic

Posting produk di suatu marketplace, Instagram dan media platform yang tidak berbayar. Setiap konten yang di posting di media sosial dianggap sebagai social media marketing suatu perusahaan. Social media yang paling banyak diminati atau digunakan adalah Youtube, Facebook, Whatsapp, dan instagram

  • Email Marketing

Biasanya Email Marketing adalah pelanggan yang sudah pernah berbelanja di perusahaan tersebut, biasanya merupakan bagian dari CRM (Customer Relationship Management) yang lebih luas dari perusahaan, kemudian perusahaan memiliki identitas seperti email untuk mengirim beberapa produk yang mereka miliki. Email marketing masih menjadi salah satu cara yang paling efektif dan paling lama digunakan oleh pelaku usaha untuk menarik atau membuat beberapa customer menjadi pelanggan tetap.

2.Paid Marketing

Paid Marketing memiliki banyak pengunjung untuk postingan tersebut tergantung paket yang diambil oleh pelaku usaha, harga yang ditawarkan sesuai pengunjung yang berkunjung di postingan tersebut. Beberapa macam paid marketing:

  • Paid Search

Paid Search untuk menampilkan iklan melalui keyword yang dipilih, sehingga setiap kali seseorang melakukan pencarian dengan keyword tersebut, maka iklan tersebut akan muncul, harga ditetapkan oleh tiap peng-klikan iklan tersebut.

  • Sosial Media Paid

Sosial Media Paid atau Ads, adalah periklanan yang tersedia di beberapa platform, dengan menggunakan sosial media ini dapat menargetkan pelanggan sesuai dengan sasaran yang kita inginkan.

  • Ad Networks

Beriklan di beberapa situs web utama yang biasanya berada pada aplikasi mobile.

  • Influencer Marketing

Influencer marketing melibatkan orang yang memiliki pengaruh penting atau yang banyak menginfluence beberapa orang untuk memikat konsumen membeli produk tersebut.

Perkembangan teknologi membuat para UMKM harus menyesuaikan diri dari digital marketing. Pemasaran melalui digital bisa menggunakan beberapa jenis digital marketing yang telah dijelaskan diatas.

Dengan cara tersebut pelaku UMKM dapat menarik dan berinteraksi dengan calon customer. 

Biasanya pelaku UMKM yang baru memulai usahanya akan menggunakan Digital Marketing organic, karena membuat mereka menghemat biaya promosi untuk produk.

Dengan melakukan Digital Marketing organic diharap para pelaku UMKM dapat lebih sering memperbarui informasi di media sosial. 

Semakin sering pelaku UMKM memperbarui informasi atau memposting produknya maka akan mendorong para customer untuk membeli produk mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.