Ide Bisnis UMKM Bidang Jasa yang Bisa Jadi Inspirasi 2022

Apa ide bisnis UMKM 2022 bidang jasa yang paling trending saat ini? Tentu Anda masih ingat dengan viralnya kasus jasa titipan yang melibatkan seorang pengusaha dengan angka miliaran rupiah? 

Di luar kasus yang menjeratnya, sebenarnya jasa titipan atau dikenal sebagai jastip adalah ide bisnis UMKM bidang jasa paling murah dan tanpa modal. Kenapa bisa begitu?

Ide Bisnis Jasa Titipan: Pengertian dan Model Bisnis

Jasa titipan merupakan salah satu ide bisnis UMKM yang sudah marak semenjak ide reseller dan dropshipper menjadi trend di Indonesia. 

Biasanya jasa titipan dilakukan saat seseorang melakukan kunjungan ke luar negeri, atau ke luar daerah dan kemudian membuka kesempatan bagi teman-temannya untuk menitip pembelian barang-barang di tempat tujuan. 

Ide bisnis UMKM jenis ini sangat familiar karena tanpa modal, biasanya penitip akan mentransfer sejumlah uang sebagai DP sehingga pembeli bisa membeli barang terlebih dahulu baru kemudian menjual kepada penitip. 

Atau ada juga yang mewajibkan menyetor uang pembelian secara penuh untuk bisa digunakan pembeli membeli barang titipan di tempat tujuan.

Pengertian ide bisnis UMKM jasa titipan adalah menitip seseorang untuk membelikan barang di lokasi tertentu. 

Ide bisnis ini tidak hanya menyasar produk-produk pecah belah maupun masa pakai lama. 

Bahkan ada yang membuka jasa titipan untuk produk makanan dengan masa umur pendek, misalnya bakpia di jogja yang hanya bisa bertahan dalam hitungan hari dan minggu. 

Model bisnis ide UMKM jasa titipan ini mengandalkan kepercayaan dan separuh uang muka. 

Disebut kepercayaan karena menyetor uang muka dengan basis percaya, dan bisa saja kemudian dilarikan. 

Maka pilihlah pembeli/penjual jasa titipan yang telah terpercaya serta banyak memiliki rekam jejak yang baik. 

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana jasa titipan ini mengambil keuntungan? Ide bisnis UMKM jasa titipan mengambil keuntungan dari dua hal:

  1. Dengan menaikkan harga pembelian karena dihitung sebagai biaya jasa plus biaya ongkir. Misalnya jika membeli bakpia dalam satu kotak Rp25.000 maka dijual dalam jasa titipan menjadi Rp30.000
  2. Keuntungan selanjutnya dapat diambil dengan melakukan negosiasi dengan penjual makanan/produknya. Jika jasa titipan mengambil lebih dari 3 barang, maka akan mendapat diskon dari penjual. Ini adalah salah satu variabel keuntungan yang bisa didapatkan jasa titipan.

Resiko Ide Bisnis Jasa Titipan 

Ide bisnis UMKM jasa titipan ini telah banyak dilakukan dari mulai mahasiswa hingga pengusaha UMKM. 

Apakah kemudian memiliki resiko? Tentu saja. Berkaca dari kasus gagal bayarnya pengusaha UMKM dalam jasa titipan karena faktor kepercayaan saja. 

Resiko-resiko dalam membuka jasa titipan antara lain:

  1. Bagi penitip, uang bisa dilarikan (dikorupsi) oleh pembuka jasa titipan.
  2. Bagi pembuka jasa titipan, kemauan konsumen (penitip) yang aneh-aneh atau minta ganti rugi akan merugikan pembuka jasa titipan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.