Ide bisnis UKM Kreatif

Ide bisnis UKM Kreatif

KejarUMKM.com – Berikut ide bisnis untuk UMKM kreatif yang merupakan usaha mikro kecil menengah.

Ide bisnis UMKM kreatif bisa diterapkan untuk mempercepat agar bisnis bisa berkembang terutama di masa pandemi.

UMKM sudah terbukti bisa menjadi penggerak ekonomi untuk membangun perekonomian indonesia oleh karena itu berikut merupakan lima ide bisnis yang bisa digunakan. 

Ide bisnis berikut bisa disesuaikan dengan budget dan keadaan agar bisa cepat direalisasikan. 

UMKM menjadi salah satu penggerak ekonomi andalan Indonesia untuk tumbuh dan bangkit kembali dari masa pandemi. 

Menurut Keppres RI no. 99 Tahun 1998, pengertian usaha kecil adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rakyat dalam skala kecil. 

Secara umum, bidang usaha ini merupakan kegiatan usaha kecil. Usaha kecil ini perlu dilindungi untuk mencegah persaingan usaha yang tidak sehat.

Jadi secara tidak langsung, usaha yang termasuk UKM adalah usaha kecil dengan penghasilan yang lebih kecil dari 300 juta dan dengan jumlah tenaga kerja yang kurang dari 20 orang. 

Modal pendirian awal dari UKM ini tergolong kecil, yaitu sekitar 50 juta rupiah. 

Sementara untuk usaha menengah, penghasilannya di bawah 500 juta dengan jumlah karyawan kurang dari 30 orang.

1.Ide Bisnis Fashion 

Ide Bisnis fashion sekarang di tahun 2022 masih menjadi salah satu bisnis yang masih berkembang dengan baik. 

Selain itu juga bisnis fashion merupakan salah satu bisnis primer yang akan tetap dibutuhkan oleh masyarakat. 

Ide bisnis UMKM bidang fashion yang bisa digunakan oleh UMKM yakni Bisnis fashion melalui media online atau sosial media, tetapi anda harus gencar melakukan promosi.

Menjadi reseller atau dropship produk fashion tertentu. Anda juga dapat menjadi reseller untuk beberapa kategori fashion, seperti pakaian Muslim, pakaian wanita, pakaian anak-anak, dan alas kaki seperti sepatu dan sandal. 

Bergerak di bidang ide bisnis mempromosikannya, media sosial bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk melakukan marketing produk Anda. 

Bila Anda memiliki modal yang cukup, Anda bisa juga membuka toko kecil untuk menjual produk fashion tersebut. 

Anda juga dapat memilih produk yang bermerek terkenal atau produk Anda sendiri. 

Bila Anda mempunyai kemampuan menjahit, Anda bisa juga membuka jasa menjahit pakaian kantor dan kebaya.

Anda pun juga bisa membuka toko sendiri yang menjual usaha fashion tertentu, seperti menjual kebaya berbagai model atau membuka toko pakaian batik.

2.Ide Bisnis Kuliner 

Ide bisnis kuliner bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan usaha karena kuliner masih dibutuhkan oleh semua orang. 

Apabila sudah berjalan bisnis kuliner membutuhkan maintenance agar rasa tetap terjaga dan pelayanan yang diberikan juga harus optimal. 

Selain itu ide bisnis kuliner bisa dimulai dari tahap paling kecil karena tidak membutuhkan modal yang besar, UMKM bisa menitipkan produk ke warung atau toko kecil di wilayah sekitar. 

Apabila sudah percaya diri dengan produk bisa mulai merambah ke online seperti shopee food gofood dan grabfood. 

Contoh UMKM di bidang kuliner adalah menjual gorengan, cemilan khas daerah masing-masing, aneka minuman unik dan viral, jus buah dan salad, usaha katering.

3.Ide Bisnis Pendidikan

Ide bisnis pendidikan bisa dimulai dengan modal dan kemampuan utama yakni cara mengajar. 

UMKM bisa membuka les dan bimbingan belajar berupa les privat yang siap membantu siswa 24 jam. 

Ide bisnis ini sangat berpotensi terutama di kota besar dimana orang tua sudah sadar betul bahwa pendidikan anak merupakan investasi yang utama. 

Membuka bimbingan belajar juga dapat menjadi pilihan UKM bagi Anda. 

Banyak murid yang berusaha untuk mendapatkan pelajaran tambahan bila mereka merasa pelajaran dari sekolah belum bisa bisa membuat mereka mengerti dengan baik. 

Terdapat juga bimbingan belajar yang khusus UTBK (Ujian Tulis Berbasis Kompetensi). UTBK adalah ujian bagi lulusan SMA untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Apabila berminat menekuni ide bisnis pendidikan bisa dimulai dari membuka les secara online melalui zoom meeting.

4.Ide Bisnis Jasa Digital 

UMKM bisa mencoba menerapkan ide bisnis jasa digital untuk UMKM yang lain, terutama apabila sudah mempunyai background digital marketing atau desain. 

Apabila melihat sekarang ini masih banyak UMKM yang belum bisa dengan baik dan maksimal menggunakan digital marketing. 

Hal ini bisa menjadi ide bisnis UMKM sekaligus peluang agar bisa mendatangkan untung salah satunya apabila menguasai hal berikut ini Search Engine Optimization (SEO), content writing, copywriting, hingga website.

5.Ide Bisnis Reparasi

Terakhir yakni ide bisnis reparasi atau jasa servis yang bisa dijadikan salah satu inspirasi terkait dengan jasa servis handphone, servis elektronik (Televisi, kipas angin, dan lain sebagainya).

Apabila memiliki kemampuan lebih bisa membuka jasa servis komputer dan servis laptop. Apalagi barang-barang tersebut sangat umum dipakai oleh masyarakat saat ini, sehingga masih bertahan di tengah pandemi saat ini. 

Bila Anda mempunyai modal yang cukup, Anda juga bisa membuka toko dan jasa servis yang sekaligus menjual produk-produk tersebut.

Begitulah 5 ide bisnis UKM yang bisa dijadikan referensi. Nah, bagi Anda yang ingin membuat bisnis UKM, Anda dapat melakukan beberapa ide bisnis UKM yang ada dalam artikel ini. Semoga bisnis UKM bisa berkembang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.