Sosial Media Ads

Fungsi Sosial Media Ads Untuk Jangkau Customer Lebih Luas

Media sosial sebagai suatu platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan kegiatan sosial bagi penggunanya.

Beberapa kegiatan di media sosial, yaitu melakukan komunikasi hingga memberikan informasi berupa tulisan, foto maupun video.

Media sosial mengambil peranan di hampir segala lingkup masyarakat. Mulai dari mengirim pesan kepada teman, berbagi informasi, hingga sebagai media promosi atau pemasaran. 

Iklan media sosial ataupun social media ads merupakan suatu strategi pemasaran yang memungkinkan Anda untuk melakukan penayangan iklan berbayar pada platform media sosial.

Iklan berbayar ini berguna untuk mempromosikan konten yang telah Anda buat pada akun social media tertentu untuk menjangkau target pemasaran.

Sosial media bisa sebagai media promosi?

Ya, Tentu saja bisa. Layanan iklan yang ada di media sosial yang ada saat ini memudahkan Anda untuk mengatur segala keperluan produk usaha Anda.

Berbagai jenis ads yang dapat Anda gunakan:

  1. Facebook Ads

Layanan berupa iklan berbayar ini secara spesifik untuk para pelaku usaha, komunitas, brand, dan siapa pun yang ingin mempromosikan produknya lewat Facebook.

Tidak hanya jangkauan konsumen yang lebih luas, kelebihan lain yang hadir sepeerti FB Ads yaitu fitur Facebook Adverts Manager.

Sehingga iklan di Facebook terpasang kepada calon customer sesuai dengan kondisi demografinya (usia, lokasi, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, kebiasaan, dan lain sebagainya).

Fitur tersebut juga dapat Anda gunakan untuk melihat kinerja iklan, seperti berapa kali iklan munculkan, berapa banyak pengguna yang mengklik, hingga data rinci mengenai cost per click/like/conversion.

  1. Instagram Ads

Instagram ads saat ini sangat banyak untuk gunakan oleh pemilik usaha untuk mengembangkan usahanya dan meningkatkan jumlah penjualan.

Instagram juga merupakan media sosial dengan jumlah pengguna yang terbanyak di seluruh dunia.

Generasi pengguna Instagram paling banyak berasal dari range usia 18 hingga 34 tahun, dan pengguna pria menjadi yang paling mendominasi sebanyak 50,4%.

Bila Anda bisa memanfaatkan Instagram ads dengan baik dan menyusun strategi digital marketing yang tepat. Maka keuntungan usaha yang Anda miliki, bisa menjadi peluang yang sangat besar.

  1. Tiktok Ads

Sejak munculnya platform sosial media baru yaitu TikTok, menjadi salah satu sosial media yang digemari oleh banyak orang.

Tidak heran, apabila banyak para pelaku usaha mencoba menggunakan TikTok ads sebagai sarana promosi jualannya.

TikTok Ads adalah sebuah media sosial yang menyediakan berbagai fitur yang sangat berguna seperti fitur targeting, ad creation, insight report, dan ad management untuk creator di TikTok.

Fitur targeting pada TikTok Ads dapat menargetkan calon customer berdasarkan jenis kelamin, lokasi, usia, minat, dan berbagai data lainnya. 

Fitur-fitur tersebut dapat membantu penjualan sehingga mendapatkan perhatian dari jutaan pengguna TikTok di seluruh dunia. TikTok Ads memiliki dua pilihan, yaitu harian (daily) atau seumur hidup (lifetime).

Dengan kedua pilihan tersebut, pengeluaranmu untuk promosi menjadi fleksibel. Dalam arti, kamu dapat mencocokkan budget sesuai kebutuhan penjualan.

Solusi jitu untuk menjangkau calon customer Customer memiliki peran penting di dalam sebuah bisnis/usaha, maka Anda tidak boleh mengabaikan hal ini. 

Jika ingin usaha berjalan dengan lancar, Anda harus memiliki sejumlah customer di dalam usaha tersebut.

Hal tersebut akan menghasilkan angka penjualan di dalam suatu usaha, sekaligus mendatangkan keuntungan di saat yang sama.

Pada dasarnya, Anda dapat menemukan pasar yang tepat dengan jumlah calon customer yang cukup banyak.

Tetapi untuk membuat mereka melakukan pembelian  tidaklah mudah. Anda perlu memperhatikan banyak hal, termasuk tingkat persaingan yang akan Anda hadapi di pasar tersebut.

Strategi periklanan/ads yang disebutkan diatas dapat menjadi referensi anda dalam  menjangkau target customer yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *