CSR Sarihusada Kepada UMKM Lokal

CSR Sarihusada Kepada UMKM Lokal

Sunmorkerto adalah corporate social responsibility PT Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada Danone) kepada UMKM-UMKM lokal di Kota Yogyakarta. 

Namun, tidak hanya melalui program Sunmorkerto di kawasan perkotaan. Bersama dengan Syncore Indonesia, CSR PT Sarihusada Generasi Mahardika juga menyasar pada UMKM-UMKM lokal di Desa Kemudo, Prambanan, Kabupaten Klaten. 

Kedua jenis corporate social responsibility ini memiliki dua tujuan jangka panjang yang berbeda. Pada program Kemudo.

Sarihusada memberdayakan UMKM desa untuk tumbuh dan berkembang dalam ekosistem desa. Sementara program Sunmorkerto. 

Sarihusada Danone mendorong UMKM lokal di perkotaan untuk meningkatkan pendapatan paska pandemi dan membangun model ekonomi baru berbasis komunitas. 

Pada program pemberdayaan Desa Kemudo, Sarihusada Danone mengawalinya dengan mengintegrasikan kemampuan desa dan BUMDes dalam mengelola UMKM. 

Dimana UMKM-UMKM desa didorong untuk membuat produk-produk unggulan, mengolah hasil limbah untuk meningkatkan pendapatan desa, serta paling penting menaikkan kelas skala usaha UMKM. 

Pada program pemberdayaan UMKM Desa Kemudo, UMKM-UMKM desa berhasil didorong oleh Sarihusada Danone untuk memasuki pasar-pasar modern di supermarket se-Kabupaten Klaten.

Pada proses selanjutnya, BUMDes kemudian didorong untuk menjadi agregator UMKM-UMKM desa dengan mengoptimalkan toko desa Kamajaya Mart. 

Berkat dukungan Sari Husada Danone, Kamajaya Mart ditransformasikan menjadi supermarket desa yang melayani distribusi bahan pokok grosir, penyaluran bantuan pangan non-tunai serta tentu saja menjadi etalase utama produk-produk unggulan desa dalam bentuk kemasan menarik dan siap pakai. 

Perbedaannya dengan program Sunmorkerto adalah pemberdayaan UMKM ini berfokus di wilayah perkotaan. 

Sehingga Sarihusada menggandeng Syncore untuk membuat program jangka panjang yang bisa meningkatkan pendapatan UMKM lokal secara cepat. 

Salah satunya dengan mengadakan Sunday Morning Kerto, berlokasi di Jl Kerto, Kelurahan Muja-Muju, Kemantren Umbulharjo. 

Sunmorkerto didesain juga untuk menciptakan model ekosistem bisnis baru berbasis komunitas.

Karena di wilayah perkotaan tidak ada BUMDes, maka basis komunitas inilah yang didorong untuk mengakselerasi ekonomi mikro. 

Salah satunya dengan mendorong UMKM-UMKM berjejaring dalam pasar komunitas bernama Sunmorkerto. 

Pemberdayaan lain yang ditujukan untuk mengakselerasi bisnis UMKM adalah mendampingi transformasi digital terutama dalam promosi produk-produk UMKM di media sosial. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.