Catat, 5 Tips Usaha Biar Makin Maju dan Sukses

Menjadi pengusaha maju dan sukses merupakan dambaan banyak orang. Namun, tidak semuanya dapat menjalani mimpi tersebut secara mulus. Ada beberapa tantangan yang dihadapi para pelaku usaha sebelum menikmati fase menjadi pengusaha sukses.

Oleh karena itu, sangatlah penting Anda mempelajari hal-hal yang bisa membuat usaha Anda lebih maju dan sukses. Silahkan pelajari tips usaha berikut agar usahamu bisa maju :

1. Pelajari Strategi Marketing 

Tips usaha pertama yang wajib kamu terapkan sebagai seorang pelaku usaha, Anda perlu mempelajari strategi marketing untuk mendongkrak penjualan produk Anda. 

Nahh, pada era sekarang ini tren pemasaran cenderung mengarah ke pemasaran digital. Karena, dari segi biaya, waktu, dan jangkauan pengguna berpeluang lebih besar dengan cara digital. 

Lagipula pemasaran secara digital tidak sulit untuk mempelajarinya. Anda bisa memulainya dengan membuat konten secara gratis yang dapat kamu akses melalui Youtube, Instagram, dan media sosial lainnya. 

Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih serius, bisa coba ikut pelatihan pemasaran digital berbayar yang banyak tersedia di internet.

Jika kamu ingin belajar strategi marketing, bisa nih ikut pelatihan Marketing dari Kejar UMKM. Klik disini ya.

2. Lakukan Digitalisasi Usaha 

Untuk memaksimalkan potensi usaha Anda, perlu dilakukan digitalisasi usaha. Pada dasarnya digitalisasi usaha ialah proses yang mengubah komunikasi, interaksi dan semua manfaat dalam bisnis dari yang konvensional menjadi digital. Digitalisasi ini merupakan upaya agar bisnis tetap bersaing di tengah perkembangan teknologi yang makin canggih, serta semakin banyaknya pesaing. 

Terapkan sistem Point of Sales (POS) 

Salah satu bentuk digitalisasi usaha adalah menerapkan sistem Point of Sales (POS) dalam bisnis.  Dengan, sistem pos ini akan memudahkan pengelolaan kegiatan operasional dari front sampai back-end. Program ini dapat menata data pelanggan, data pemasok, transaksi penjualan, data pengembalian barang, dan banyak lagi hanya melalui satu aplikasi.

3. Perluas Pasar 

Agar tetap bertahan di tengah gempuran era digital, Anda perlu lakukan perluasan pasar untuk produk dan jasa Anda. 

Perluasan pasar dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital, salah satunya media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok. Jadi Anda dapat menjangkau konsumen lebih luas tanpa perlu pemasaran secara konvensional. 

Dewasa ini media sosial telah melekat erat dengan kehidupan masyarakat, hampir tiap hari, siang dan malam, masyarakat mengakses sosial media. Anda bisa memanfaatkan dengan membuat akun pada platform media sosial besar dan membuat postingan yang menarik untuk menjangkau mereka. 

Namun perlu Anda ingat, pelajari terlebih dahulu fitur-fitur dalam media sosial tersebut agar pemasaran Anda optimal.

4. Manfaatkan Sistem Pemasaran Afiliasi 

Afiliasi adalah program kerjasama antara pemilik barang/jasa dan tenaga pemasaran dalam menjajakan produk. Anda bisa memberi mereka komisi dalam jumlah tertentu untuk tiap produk yang berhasil terjual. 

Dengan cara ini usaha anda bisa maju lebih cepat. Bila banyak orang yang join program afiliasi Anda, maka semakin besar pula peluang untuk produk Anda menjangkau lebih banyak orang dan terjual dalam volume lebih besar.

5. Ikut Program Pendampingan UMKM 

Yang terakhir nih, kamu bisa mempertimbangkan untuk ikut program pendampingan UMKM agar usahamu makin maju lebih cepat. 

Dengan pendampingan dan pembinaan yang intensif, kemampuan kamu dalam berwirausaha meningkat. Dalam masa pendampingan, kamu akan mendapatkan materi terkait UMKM lebih lanjut.

Dengan pendampingan UMKM, kamu akan mendapatkan mentor yang siap jadi teman diskusi dalam menghadapi tantangan yang kamu hadapi. Itulah beberapa hal yang bisa membuat usahamu makin maju. Harapannya setelah mengetahui tips usaha ini, kamu bisa mengadopsi satu atau beberapa poin yang tertera dalam artikel terhadap usahamu.

Yuk, gabung komunitas kejarUMKM agar kamu dapat mengelola usaha mulai dari segi keuangan, manajemen hingga pemasaran UMKM. 

Semangat berwirausaha dan semoga lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *