Cara Mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit usaha rakyat (KUR) merupakan program pemerintah yang dikhususkan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Fasilitas ini dilakukan untuk memperluas akses pembiayaan umkm untuk naik kelas, bertumbuh dan berkembang. 

Pemberian Kredit usaha rakyat (KUR) sendiri awalnya digelontorkan kepada bank-bank milik pemerintah seperti BNI, BRI, Mandiri dan BTN. Sehingga lebih dikenal kredit usaha rakyat mandiri, kredit usaha rakyat bni atau kredit usaha rakyat bri. 

Namun pemerintah kemudian memperluas basis bank-bank penyalur ke bank swasta dan daerah. Kredit usaha rakyat bca misalnya bisa dinikmati oleh kalangan pengusaha umkm di daerah perkotaan. Sementara bank-bank daerah seperti bank pembangunan daerah juga dapat menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR). 

Kabar baiknya kini pemerintah berfokus menargetkan ratusan triliun kredit usaha rakyat tahun 2022 dapat tersalurkan ke masyarakat. Pemerintah bahkan memberikan subsidi potongan bunga dari yang tadinya mencapai 9 persen per tahun. Kemudian dipangkas menjadi 3 persen per tahun saja. Untuk tahun 2023, pemerintah bahkan memasang target 470 triliun kredit usaha rakyat tersalurkan. 

Persiapan Dokumen Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Seperti halnya proses pengajuan pinjaman ke bank-bank umum, kredit usaha rakyat (kur) juga menggunakan skema yang sama. Ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi oleh nasabah/peminjam sebelum mengajukan kredit usaha rakyat ke perbankan. Berikut syarat-syaratnya:

  1. Memiliki usaha yang telah berjalan. Usaha yang dimaksud dapat berupa warung kopi, reseller, kopi keliling hingga gerobak. Bagi kalangan menengah ke atas dapat mengakses KUR yang lebih tinggi (wajib).
  2. Usaha setidaknya telah berjalan minimal tiga bulan ke belakang (wajib). 
  3. Memiliki dokumen kependudukan berupa kartu tanda penduduk dan kartu keluarga (wajib). 
  4. Bagi peminjam dengan nilai di atas 50 juta memiliki jaminan berupa surat kendaraan bermotor atau surat tanah/los pasar (opsional). 

Memilih Kredit Usaha Rakyat 

Sebelum mengakses kredit usaha rakyat online maupun offline, usahakan calon nasabah/pengusaha umkm telah memiliki pilihan untuk target kreditnya. Karena kredit usaha rakyat memiliki banyak variasinya.

Setidaknya ada tiga variasi kredit usaha rakyat mandiri maupun kredit usaha rakyat bri. Pertama, kredit usaha rakyat super mikro yang dikhususkan bagi kalangan pengusaha pemula. Super mikro ini tanpa menggunakan jaminan (agunan). 

Selanjutnya KUR mikro dikhususkan bagi pengusaha menengah yang ingin mengakses plafon kredit lebih tinggi di atas 50 juta sampai dengan 100 juta. Kemudian KUR kecil dapat diakses sampai dengan 500 juta. 

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan dan mendatangi bank-bank yang menyalurkan kredit usaha rakyat. Jika berada di pedesaan, dapat mengunjungi bank BRI, sementara di kota dapat mengunjungi Bank Mandiri, BNI atau BTN. Atau bank-bank swasta dan BPD didekat Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *