Cara Membuka Rekening Bank Khusus CV

Banyak sekali pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masih menggunakan rekening pribadi dalam semua urusan bisnisnya.

Alasannya karena pelaku usaha merasa repot dan malas untuk mengurus pembukaan rekening. Nyatanya, pencampuran keuangan usaha dengan keuangan pribadi akan lebih membuat kerepotan baginya di kemudian hari, terutama ketika bisnis bertumbuh besar maupun ketika bisnis sedang jatuh-jatuhnya. 

Memiliki rekening bank untuk perusahaan sendiri sangatlah penting karena dengan memisahkan keuangan pribadi dengan perusahaan dapat memberikan sejumlah manfaat diantaranya adalah

  1. Perlindungan Finansial

Pemisahan keuangan usaha dengan keuangan pribadi membuat keuangan akan lebih terlindungi. Hal ini dapat dilihat jika usaha kita tidak dapat membayar utang atau pinjaman bank, maka aset pribadi yang kita miliki tidak akan ikut tersita untuk mengganti hutang tersebut. 

Kemudian apabila kita mempunyai masalah pribadi dalam hal pembayaran kredit, bisnis yang dijalankan akan tetap aman karena kredit skor yang dimiliki usaha kita berbeda dengan skor kredit pribadi kita.

Hal ini menyebabkan usaha kita tetap leluasa mengajukan kredit usaha untuk berkembang.

2. Lebih mudah mengatur pengeluaran

Segala arus keuangan akan lebih mudah terlacak dan lebih mudah didata karena tidak tercampur dengan arus keuangan pribadi sehingga pengelolaannya juga akan lebih terstruktur dan dapat dipertanggungjawabkan

3. Tidak repot mengurus pajak

Peraturan pajak bagi pengusaha maupun non pengusaha tentunya memiliki aturan yang berbeda sehingga dengan melakukan pemisahan rekening ini memudahkan kita untuk terhindar dari denda maupun hukuman pidana nantinya

4. Menunjukkan profesionalitas dan kredibilitas

Penggunaan rekening perusahaan menjadi tanda bahwa kita mampu memisahkan antara urusan pribadi maupun bisnis.

Sehingga kredibilitas dan profesionalitas usaha kita akan meningkat di mata stakeholder nantinya. Hal ini juga memberikan keyakinan mereka untuk berinvestasi ke usaha yang anda jalankan. 

Namun, pembukaan rekening bank untuk perusahaan masih sangat membingungkan maka dari itu kami akan membahas mengenai cara membuka rekening bank untuk perusahaan khususnya bagi anda yang sedang mendirikan CV.

Pertama, silahkan membuka laman bankmandiri.co.id kemudian pilih menu “Buka Rekening Baru” . Sebelum tekan “Lanjut” diharapkan untuk membaca baik-baik dokumen yang perlu disiapkan. Setelah itu pilih jenis kartu debit yang akan digunakan. 

Kemudian anda dapat memberikan persetujuan terhadap “Syarat Pembukaan Rekening”, “Pernyataan Penggunaan Data Pribadi Nasabah” dan “Pernyataan Kepemilikan Wajib Pajak di Luar Negeri”. 

Setelah itu silahkan mengisi data diri sesuai dengan ketentuan yang ada pada halaman web tersebut. Pastikan data diri anda sesuai dengan yang ada di KTP pada saat pengisian agar lolos verifikasi dukcapil dan dapat melanjutkan pembukaan rekening. Kemudian siapkan nomor ponsel dan email aktif untuk menerima kode OTP. 

Setelah pengisian data diri telah selesai anda harus melampirkan data-data yang harus disiapkan pada saat anda membaca ketentuan awal ketika akan membuka rekening.

Adapun dokumen yang diperlukan adalah KTP asli, selfie dengan KTP, NPWP asli serta tanda tangan di atas kertas putih. Pastikan data tersebut sudah sesuai agar bisa melanjutkan ke tahap verifikasi. 

Kemudian anda dapat mengisi alamat untuk menerima kartu dengan melampirkan alamat rumah anda ataupun kantor.

Anda juga bisa memilih untuk mengambil kartu di cabang Bank Mandiri terdekat. Selanjutnya anda akan melakukan verifikasi data dengan menggunakan video call bersama CS Bank Mandiri. 

Pastikan ponsel ada mendapat izin akses ke kamera serta microphone serta menggunakan browser dengan update terbaru. Anda akan menandatangani dokumen secara digital serta menginput OTP dari penyedia layanan Digital Signature.

Setelah semua selesai semua proses pembuatan rekening, kartu debit serta pendaftaran SMS banking akan berlangsung secara otomatis dalam kurun waktu kurang lebih 15 detik.

Kemudian anda diminta untuk membuat PIN SMS Banking berupa 6 (enam) digit angka. Pastikan pin tersebut merupakan angka yang bersifat rahasia dan tidak mudah ditebak.

Anda akan mendapatkan notifikasi pada layar ponsel setelah proses pembukaan rekening telah berhasil. Anda juga dapat melihatnya melalui email yang anda daftarkan. 

Begitulah tata cara membuka rekening untuk usaha CV. Sekarang anda tidak perlu lagi khawatir dalam menjaga keuangan perusahaan anda. Semoga perusahaan yang anda jalankan dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *