https://kejarumkm.com/2022/07/18/menerapkan-konsep-aida-untuk-menambah-pembelian/

Cara Membuat Kemasan Menarik UMKM Mudah dengan Langkah Berikut

KejarUMKM.com – Jika anda berkunjung ke sebuah swalayan lokal, cobalah perhatikan dengan seksama bagaimana tampilan snack-snack atau produk olahan dari umkm lokal? 

Terkesan mengenaskan bukan? Kemasan terlihat asal-asalan dan bahkan tidak dikemas dengan baik. 

Label dan isi serta desain kemasan sangat terlihat tidak matching. Inilah persoalan mendasar produk pengembangan umkm yang seringkali tidak tersentuh sisi desain kreatif. 

Cobalah bandingkan dengan snack-snack produk olahan pabrik besar? Snack dan olahan produk-produk dari pabrik besar mempunyai desain yang menarik, menjual serta sesuai dengan branding (citra) dari perusahaan. 

Inilah perbedaan mendasar produk pengembangan umkm yang seringkali kalah jatuh dibandingkan dengan industri besar. 

Belum dihitung dengan kapasitas produksi, umkm tidak bisa memproduksi ribuan produk dalam sehari. Berbeda jauh dengan kapasitas industri.

Selain itu, belum termasuk dengan produk pengembangan umkm yang lemah dalam hal standardisasi dalam hal sertifikat pangan, ijin edar dan sertifikat halal. 

Beberapa snack produksi umkm bahkan terkesan asal-asalan, tidak memiliki nilai jual dan nilai lebih dibandingkan dengan pesaingnya. 

Untuk mengurus ijin P-IRT (perusahaan industri rumah tangga) tidak semua pengusaha umkm mau. 

Sebagian besar berpikir bahwa ijin-ijin tersebut dan investasi membuat desain kemasan hanya membuang-buang waktu. 

Pemikiran ini ternyata salah besar karena produk pengembangan umkm dalam menembus mata rantai nasional memerlukan desain produk yang menarik. 

Mengapa Desain Kemasan Penting?

Desain kemasan merupakan bagian dari produk pengembangan umkm yang paling penting. Tampilan produk merupakan hal utama ketika konsumen memilih produk. Padahal secara isian, makanan dan minuman olahan dari umkm tidak kalah rasanya dari buatan pabrik. 

Industri besar bahkan lebih banyak menggunakan pemanis, pengawet dan bumbu kimia tambahan rasa ketimbang produk-produk umkm.

Inilah kenapa penting bagi kita membenahi produk pengembangan umkm dalam hal desain kemasan. 

Jika anda tidak mempunyai kemampuan desain kemasan, berikut cara membuat kemasan secara menarik:

  1. Belajar aplikasi desain kemasan secara gratis bernama CANVA. Anda tidak perlu memulai dari nol, aplikasi canva sudah menyediakan template kemasan tinggal menyesuaikan dengan produk umkm anda. Saat ini banyak tutorial gratis di instagram, tiktok hingga youtube yang mengajarkan membuat desain mudah di canva.
  2. Jika ingin aplikasi desain yang lebih bagus bisa menggunakan corel draw atau adobe photoshop. nanti anda bisa belajar secara perlahan-lahan atau mengikuti course online yang banyak bertebaran di internet.
  3. Atau jika mempunyai dana lebih, bisa menggunakan desain sederhana lalu kemudian datang ke creative agency kemudian minta untuk mendesain ulang.
  4. Anda juga bisa merekrut desainer junior dengan membayar secara proyek/freelance untuk mendesain kemasan produk anda. Atau bisa membeli jasa desainer di situs-situs freelance seperti www.freelancer.com atau www.sribulancer.com 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.