Cara Membuat Izin Usaha UMKM Melalui Online Single Submission (OSS)

Cara Membuat Izin Usaha UMKM Melalui Online Single Submission (OSS)

Kenapa UMKM Perlu Membuat Izin Usaha?

Banyaknya kasus makanan kemasan disidak Dinas Perdagangan karena tidak memiliki izin edar. 

izin Perusahaan Industri Rumah Tangga (P-IRT) bahkan tidak memiliki surat izin usaha perdagangan (SIUP) dan/atau Nomor Induk Berusaha. 

Resiko inspeksi mendadak (sidak) dari Dinas Perdagangan ini adalah ditariknya produk-produk umkm dari pasaran dan kemudian dimusnahkan. Bahkan pemiliknya kemudian bisa dikenakan pasal-pasal hukum dan dijerat pidana. 

Oleh karena itu pengusaha umkm perlu memahami cara membuat izin usaha, karena dengan sertifikat izin usaha yang lengkap maka pengusaha umkm dapat berbisnis dengan tenang. 

Beberapa kasus yang melibatkan ketidakpahaman pengusaha umkm mengenai cara membuat izin usaha terbaru adalah penarikan produk frozen food dari pasaran. 

Produk frozen food umkm ini dinilai tidak memiliki izin edar, izin kemasan dan bahkan tidak memiliki sertifikasi pangan sehingga melanggar aturan. 

Selain itu juga, kasus terbaru dengan dicabutnya izin usaha cafe Holywings oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena izin usaha yang terdaftar berbeda dengan bisnis yang dioperasionalkan.

Perlu diperhatikan pengusaha umkm ketika akan memulai cara membuat izin usaha agar disesuaikan dengan bidang usahanya yang disebut dengan KBLI (Kode Baku Lapangan Kerja Indonesia). 

Syarat-Syarat UMKM Membuat Izin Usaha

Pengusaha UMKM dapat memulai cara membuat izin usaha dengan memenuhi syarat-syarat dasarnya terlebih dahulu. 

Ada beberapa syarat dasar yang dapat disiapkan untuk cara membuat izin usaha: 

  1. Pengusaha umkm dapat cara membuat izin usaha untuk umkm perorangan dengan syarat utama adalah KTP saja.
  2. Sementara jika pengusaha UMKM telah memiliki badan usaha berbentuk CV (commanditaire vennootschap) atau PT (baik berbentuk PT perseorangan atau PT bersama dengan modal) maka memerlukan akta notaris, sertifikat pendirian hingga ktp dan npwp para pemegang saham/pendiri/pengurus. 

Jenis Izin Usaha UMKM

Cara membuat izin usaha UMKM Melalui Aplikasi Online Single Submission (OSS) dapat diawali dengan memahami apa itu OSS. 

OSS adalah aplikasi/website yang disiapkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal untuk membuat izin usaha. 

Sebelumnya cara membuat izin usaha harus melalui Dinas Perdagangan, Koperasi atau UMKM di kabupaten dan provinsi, serta berlanjut ke Kementerian Perdagangan/Perindustrian. 

Pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo proses perizinan kemudian disederhanakan melalui program reformasi birokrasi melalui Online Single Submission (OSS). 

Program OSS dilaunching langsung oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia pada pertengahan tahun 2021. 

Berikut beberapa jenis izin usaha yang dapat diurus melalui OSS untuk UMKM Cara membuat izin usaha:

  1. Nomor Induk Berusaha (NIB), NIB merupakan nomor baku bagi seluruh umkm atau badan usaha/badan hukum di Indonesia dan bersifat wajib.
  2. Surat izin usaha (SIUP) yang menyatu dengan NIB atau memiliki jenis sendiri. Bagi beberapa UMKM yang berstatus mikro dengan modal maksimal 1 miliar maka SIUP menyatu dengan NIB. Sementara jika di atas satu miliar disesuaikan dengan izin usaha di sektor industri. 
  3. Sertifikat izin usaha pendukung bagi industri UMKM yang terkait dengan perizinan tambahan seperti izin lingkungan, izin domisili usaha, izin konstruksi dan izin-izin lainnya. 

Manual Cara Membuat izin Usaha Melalui OSS 

  1. Cara membuat izin usaha UMKM Melalui OSS dengan mengunjungi website: www.oss.go.id
  2. Klik daftar/sign in, kemudian isi daftar informasi yang dibutuhkan. Jika Anda merupakan pengusaha UMKM non-badan maka cukup mengisi data diri dan KTP. Sementara bagi badan usaha/badan hukum PT harus menyertakan akta notaris.
  3. Ikuti alur yang diminta, termasuk mengisi ceklist persyaratan mendaftar BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya tinggal mengunduh dokumen NIB/izin Usaha. Mudah bukan? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.