Cara Daftar Pelatihan UMKM

Pelatihan UMKM pasca pandemi saat ini banyak diadakan oleh lembaga-lembaga pelatihan dan kementerian negara secara gratis. 

Kini tidak ada lagi alasan bagi pengusaha UMKM untuk tidak berkembang karena sarana untuk berlatih dan mendapat wawasan telah bisa diakses dengan cepat.

Model pelatihan UMKM yang berkembang saat ini terbagi atas dua jenis. Jenis pertama adalah jenis pelatihan UMKM bersifat gratis dimana diadakan oleh lembaga pemerintah maupun perusahaan swasta.

Model kedua adalah model pelatihan bersifat berbayar yang diadakan oleh perusahaan swasta. 

UMKM dapat memilih akan mengikuti model pertama atau model kedua tergantung dengan minat. 

Tidak semua pelatihan gratis materinya bersifat abal-abal atau murahan. Justru beberapa institusi pemerintah memberikan subsidi besar bagi pengusaha UMKM untuk mengikuti pelatihan. 

Model-model pelatihan UMKM terakhir ini banyak dilakukan oleh kementerian dan lembaga negara atau dinas-dinas dari pemerintah daerah. 

Bagaimana cara mendaftar pelatihan UMKM secara gratis bagi pengusaha UMKM? Berikut caranya:

  1. Pastikan Anda aktif mengikuti informasi di website/akun media sosial kementerian/lembaga terkait. Lembaga seperti Kementerian Komunikasi dan Informasi seringkali menyajikan pelatihan UMKM gratis di bidang digital marketing melalui akun media sosialnya. Begitu juga akun media Kementerian Koperasi dan UMKM mengadakan pelatihan sejenis bekerjasama dengan institusi lembaga lain seperti bank-bank BUMN yang tergabung dalam Komunitas Rumah BUMN.
  2. Pastikan Anda bisa memilih pelatihan UMKM berjenis daring/online. Lebih dari 90% pelatihan UMKM gratis saat ini berjenis daring, bersertifikat dan memperoleh uang saku dalam bentuk pulsa.
  3. Pastikan Anda memiliki akses internet yang baik. Tidak harus memiliki komputer atau laptop. Akses internet bertujuan agar bisa mengikuti pelatihan UMKM via online dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun.
  4. Pengusaha UMKM mengikuti pelatihan setidaknya memiliki akun media sosial dan email. Karena selain sebagai syarat pendaftaran juga menjadi sarana untuk berjejaring, bertemu dengan komunitas atau masuk dalam lingkungan komunitas pengusaha UMKM. 

Pelatihan-pelatihan UMKM yang saat ini sedang gencar-gencar dilakukan adalah Digital Marketing Kominfo dan juga pelatihan UMKM bagi calon pekerja dan pengusaha melalui Kartu Prakerja. Anda bisa menghubungi dan mengunjungi kedua website tadi untuk mendaftar dan memperoleh pelatihan secara daring.

Pelatihan UMKM yang diadakan oleh Kominfo akan memberikan peserta materi dan sertifikat, sementara dari Prakerja, peserta akan mendapat materi, sertifikat dan juga uang saku. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.