Cara Berjualan Online di Shopee untuk UMKM

Cara Berjualan Online di Shopee untuk UMKM

KejarUMKM.com – Hadirnya marketplace besar seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak membantu usaha umkm untuk naik kelas dengan membuka pasar konsumen baru. 

Cara berjualan online di shopee untuk umkm semudah membuka toko yang sama di Tokopedia dan Bukalapak. 

Cara berjualan online di tiga marketplace besar ini harus menjadi perhatian pengusaha umkm, karena dari banyak pengalaman pengusaha umkm. 

Rata-rata mampu meraup omset baru lebih dari 50%. Nah, mau ga nih dagangannya laku lebih banyak di shopee, tokopedia dan bukalapak?

Lalu, gimana sih cara berjualan online di tiga marketplace besar di Indonesia tersebut. Berikut tata cara berjualan online di marketplace shopee, tokopedia dan bukalapak:

  1. Persiapkan nomor handphone dan alamat email. Cara berjualan online baik di shopee, tokopedia maupun bukalapak memerlukan dua sarana ini. Jika belum memiliki alamat email, bisa membuat alamat email terlebih dahulu yang gratisan yaitu di gmail (www.google.com/mail) atau yahoo.com. buatlah alamat email yang mudah diingat dan tidak merepotkan. Karena jika nantinya usaha anda laris dan berkembang, alamat email bisa berfungsi sebagai alamat korespondensi dengan klien dan supplier besar. Buatlah alamat email sesuai nama usaha, agar cara berjualan online anda terlihat profesional. Misalnya: tokobajuzahra@gmail.com atau parfumraihan@yahoo.com
  2. Setelah membuat alamat email dengan menggunakan alamat email gratis. Langkah selanjutnya cara berjualan online di shopee adalah membuka akun shopee, atau membuka toko di shopee. Apa bedanya membuka toko online di shopee dengan toko fisik di ruko atau pasar? Cara berjualan online dengan membuka toko di shopee gratis dan tidak memerlukan biaya apapun. Biayanya hanya akses kuota internet. Inipun anda bisa menghemat dengan membeli kuota khusus markteplace atau kuota sebulan sekalian.
  3. Kunjungi website shopee melalui website: www.shopee.co.id atau instal aplikasi shopee di play store. Cara berjualan online yang lebih mudah kami sarankan untuk mengunduh aplikasi shopee di play store. Karena nantinya jika mengelola pesanan dari partai kecil akan memudahkan pengecekan dan pengiriman. Sementara jika sudah memasuki partai besar (pesanan besar di atas 100 buah), maka bisa menggunakan website melalui komputer/laptop. 
  4. Ketika masuk ke aplikasi shopee/website shopee kemudian klik register/daftar/sign in. disana nanti Anda akan diarahkan untuk mengisi berbagai macam biodata untuk cara berjualan online. Beberapa biodata yang disiapkan seperti:
  5. Informasi data diri meliputi nama pemilik akun, nama toko hingga alamat email dan no handphone. Anda akan diminta verifikasi melalui nomor handphone atau alamat email. 
  6. Selanjutnya mengisi data no rekening bank. Kenapa perlu rekening? Karena nantinya dana yang merupakan hasil penjualan produk-produk anda akan ditransfer ke rekening yang terdaftar. 
  7. Selanjutnya cara berjualan online di shopee akan semakin lengkap jika anda sudah mempersiapkan foto-foto produk. Anda tinggal mengupload atau memasukkan foto-foto tersebut, memberikan harga dan sedikit penjelasan tentang produk yang anda jual.
  8. Selain itu anda juga bisa mengatur ekspedisi/kurir yang akan digunakan. Pastikan counter-counter ekspedisi yang akan digunakan dapat anda akses secara mudah dari tempat tinggal anda. Jadi nanti ketika mendapat pesanan dapat langsung dikirim dengan mudah.
  9. Nah, selesai sudah cara berjualan online di shopee. Cara yang sama juga berlaku di Tokopedia dan Bukalapak. Anda tinggal membuka toko yang sama di beberapa marketplace.

Untuk meningkatkan omset penjualan dan pemasaran yang lebih massif, cara berjualan online di shopee dapat ditunjang dengan memahami strategi digital marketing, strategi copywriting (sales penjualan agar pembaca/konsumen tertarik.,

Serta penataan keuangan usaha UMKM secara digital melalui bank digital (gratis admin). 

Untuk mendapatkan akses materi tersebut anda bisa mengikuti Pelatihan UMKM melalui KejarUMKM dengan menghubungi nomor: 0878-0590-0800.