Belajar Manajemen Keuangan Dari Pelatihan UMKM 2022

Belajar Manajemen Keuangan Dari Pelatihan UMKM 2022

KejarUMKM.com – Pelatihan UMKM 2022 salah satunya belajar terkait dengan manajemen keuangan dari pelatihan.

Salah satu problem mendasar yang sering dirasakan pengusaha UMKM adalah susah mengelola keuangan. 

Keuangan usaha biasanya disatukan dengan keuangan pribadi. Misalnya uang masuk untuk modal kerja. 

Kemudian ketika usaha berkembang dan mendapat keuntungan biasanya terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. 

Kebutuhan membayar uang sekolah dan bahkan malah tidak tersisa sama sekali untuk modal usaha lagi. 

Jika anda merasa pernah melakukan ini maka perlu belajar keuangan dari pelatihan UMKM 2022.

Manajemen keuangan dalam usaha sangat penting agar kasus-kasus di atas tidak terjadi. Dengan belajar keuangan dari pelatihan UMKM 2022. 

Maka anda akan terhindar dari masalah-masalah klasik pengusaha UMKM di bidang keuangan, misalnya:

  1. Pengusaha yang mencampurkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha, maka biasanya umur usahanya tidak akan panjang. Jika umur usahanya panjang, biasanya akan gali lubang dan tutup lubang untuk menutupi utang.
  2. Pengusaha yang mencampurkan uang pribadi dengan usaha, nantinya akan susah dalam mengambil keputusan untuk memperbesar usaha. Karena bisa jadi arus kas antara masuk dengan keluar tidak seimbang.
  3. Pengusaha yang mencampurkan uang pribadi dengan usaha, maka proses pengelolaan usaha menjadi seperti warung kopi. Padahal nih, jika ingin mengembangkan dan membesarkan usaha memerlukan manajemen usaha yang baik dan profesional.

Lalu, bagaimana cara mencegah masalah-masalah diatas? Masalah diatas dapat dicegah dan diselesaikan dalam pelatihan UMKM 2022 melalui strategi berikut ini:

  1. Memisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha, dimulai dengan membuat catatan keuangan yang berbeda (terpisah).
  2. Mulai membuat rekening usaha yang berbeda dengan rekening pribadi. Saat ini sudah banyak bank digital dan juga bank-bank yang menawarkan pembukaan rekening bisnis dengan biaya murah meriah. Anda tak perlu membuka rekening usaha dengan minimal saldo jutaan, cukup melalui bank digital dengan saldo terjangkau.
  3. Mulai membuat rencana usaha yang berbeda dengan rencana pribadi. Proyeksikan pengeluaran yang akan dipangkas dan pemasukan yang akan diperbesar dengan membuka usaha-usaha baru.

Apa saja yang didapat dari pelatihan manajemen keuangan dari pelatihan UMKM 2022, berikut materinya:

  1. Pelatihan UMKM 2022 dengan fokus memberikan wawasan pengusaha UMKM menyusun standar operasional perusahaan (sop) di bidang keuangan.
  2. Pelatihan UMKM 2022 dengan fokus melatih pengusaha UMKM menyusun laporan keuangan secara sederhana berupa SAK EMKM (standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah).
  3. Pelatihan UMKM di bidang software akuntansi. Software akuntansi ini nantinya akan memudahkan pengusaha UMKM dalam menyusun laporan keuangan secara detail dan terperinci.

Apa saja manfaat memperolah wawasan manajemen keuangan dalam pelatihan UMKM 2022:

  1. Jika pengusaha UMKM memahami pengelolaan keuangan usaha dengan baik, maka akan memudahkan dalam menyusun laporan keuangan.
  2. Selanjutnya pengusaha UMKM juga mudah dalam menyusun surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak untuk UMKM, baik dalam bentuk badan usaha, badan hukum maupun usaha perorangan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.