Belajar Cyber Security

Belajar Cyber Security untuk UMKM Agar Aman dari Pencurian Data

Belakangan ini kasus pencurian dan penjualan data semakin marak di kalangan masyarakat Indonesia untuk beberapa instansi.

Tak terkecuali PLN, Indihome, Tokopedia hingga Kementerian Komunikasi dan Informatika mengalami kebocoran data berupa data pendaftar kartu SIM telepon. 

Melihat dari kasus tersebut ini menjadi perhatian banyak kalangan mengenai pentingnya pemahaman cyber security bagi semua instansi, tak terkecuali UMKM yang memiliki peran besar bagi perekonomian di Indonesia.

Peran besar inilah yang patut diwaspadai oleh semua kalangan UMKM bahwasanya pemahaman atau pelatihan cyber security ini sangat penting untuk dilakukan. 

Bukan karena tanpa sebab hal ini dikarenakan UMKM sekarang sudah lebih digital pada saat ini.

Yang mana ini akan menjadikan UMKM target yang empuk dan juga menarik bagi pelaku kejahatan cyber untuk melakukan pencurian maupun penyalahgunaan data UMKM.

KENAPA UMKM PERLU BELAJAR CYBER SECURITY

Berkaca dari kasus kasus yang sudah terjadi belakangan ini, tentunya UMKM perlu belajar cyber security untuk menghindari data-data UMKM disalahgunakan bagi pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Kasus yang sudah terjadi memanglah usahanya berskala besar tetapi tidak menutup kemungkinan bahwasannya UMKM ini akan menjadi target selanjutnya. Kenapa demikian? 

Dikarenakan terdapat studi yang menunjukan sebanyak 60% pengusaha UMKM Indonesia mengalami kasus pencurian informasi pelanggan berdasarkan studi dari cisco. 

Selain itu 33% UMKM Indonesia mengalami serangan cyber dalam setahun terakhir.

Dari rentannya kasus tersebut terhadap UMKM, ini membuktikan UMKM perlu belajar cyber security agar UMKM tidak mendapatkan hal yang merugikan dan hal yang tidak diinginkan terjadi pada UMKM. 

Oleh karena itu, perlu mengikuti pelatihan cyber security yang diselenggarakan oleh KejarUMKM secara gratis.

HAL YANG PERLU DIPELAJARI UMKM PADA CYBER SECURITY

Ancaman kejahatan cyber membuat pentingnya cyber security untuk dipelajari bagi para pelaku UMKM, ketika sudah terjun dalam dunia digital, maka perlu memahami hal dasar tentang cyber security. Berikut hal hal yang perlu dipelajari UMKM pada cyber security.

  1. Pelatihan cyber security keamanan website

UMKM saat ini mayoritas sudah beranjak pada dunia digital atau istilahnya go digital, hal ini membuktikan UMKM memiliki website atau landing page yang berisi informasi terkait usaha maupun bisnis mereka. 

Dalam hal ini UMKM perlu mengantisipasi halaman website mereka dari kejahatan cyber yang semakin marak saat ini. Hal yang perlu diperhatikan ialah rutin dalam melakukan backup data maintenance website.

Baik dari data pelanggan hingga data penjualan yang menjadi data penting untuk UMKM membuat strategi kedepannya agar dapat memajukan usahanya.

Jika terkena kejahatan cyber pada hal ini, maka akan merugikan bagi UMKM itu sendiri dan meningkatkan peluang kompetitor untuk mengetahui data seperti apa yang dimiliki UMKM tersebut.

  1. Pelatihan cyber security keamanan akun media sosial

Media sosial sejatinya sudah sangat familiar pada semua kalangan, tak luput juga untuk UMKM yang menjadikan media sosial sebagai perpanjangan jangkauan untuk memperluas pasar mereka. 

Media sosial sebagai alat pemasaran untuk UMKM ini perlu diamankan dari kejahatan cyber dengan menggunakan kode keamanan ganda terhadap semua akun media sosial UMKM. 

Kode otorisasi hingga backup data dengan nomor pribadi maupun email pribadi yang keamanannya sudah baik yaitu  menggunakan password yang sulit ditebak dan mengganti password setiap beberapa periode. 

Selain untuk penggunaan jaringan wifi perlu berhati-hati dalam penggunaannya, dan waspadai tautan atau link phising yang sering membuat kasus pencurian data. 

Pentingkan cyber security, yuk pelajari lebih dalam bersama kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.