Aplikasi Laporan Keuangan Gratis UMKM

Aplikasi Laporan Keuangan Gratis UMKM

UMKM jika ingin naik kelas memerlukan pendampingan dalam menyusun laporan keuangan. Penyusunan laporan keuangan ini berguna bagi UMKM untuk mengakses permodalan dari perbankan.

Bertemu dengan pihak ketiga seperti supplier dan distributor serta calon investor yang akan mendanai usaha UMKM.

Penyusunan laporan keuangan UMKM tidak bisa asal-asalan. Karena laporan keuangan UMKM telah terstandarisasi dalam bentuk standar akuntansi keuangan (SAK) entitas mikro kecil dan menengah. 

Penyusunan ini dapat dilakukan pengusaha UMKM secara mandiri atau memerlukan pendampingan.

Kelompok belajar UMKM memiliki layanan pendampingan UMKM dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK entitas mikro kecil dan menengah. 

Layanan ini berguna bagi pengusaha UMKM yang ingin menyusun laporan keuangan secara sederhana. 

Jika dahulu pengusaha UMKM menyusun laporan keuangan dengan buku manual, mencatat satu per satu transaksi secara manual dan kemudian mengkonversi laporan keuangan juga secara manual. Maka sekarang sudah bisa menggunakan aplikasi laporan keuangan gratis untuk UMKM. 

Aplikasi laporan keuangan gratis UMKM yang sering digunakan adalah microsoft excel. Software atau aplikasi pengolah data bawaan dari Microsoft ini memang terkenal sebagai aplikasi pengolah data dan juga pengolah laporan keuangan sederhana bagi pengusaha UMKM.

Namun, kini sebenarnya pemerintah telah memfasilitasi hadirnya aplikasi laporan keuangan gratis UMKM tanpa modal.

Jika menggunakan microsoft excel, beberapa orang perlu untuk membeli lisensi dari microsoft. Maka menggunakan aplikasi laporan keuangan dari pemerintah ini gratis alias tanpa biaya.

Aplikasi pengolah laporan keuangan gratis UMKM dari pemerintah ini dinamakan: Lamikro. Pengusaha UMKM dapat langsung mengaksesnya di link berikut ini: https://lamikro.com/app.

Nah, menariknya adalah aplikasi ini dapat diakses melalui website, jadi tidak perlu mengunduh melalui aplikasi app store/play store. 

Pengusaha UMKM hanya perlu akses internet untuk membuka aplikasi Lamikro. Lamikro sendiri diluncurkan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM dalam memenuhi usaha UMKM untuk naik kelas dengan memiliki laporan keuangannya sendiri. 

Proses penyusunan laporan keuangan LaMikro juga diklaim telah memenuhi SAK entitas mikro kecil dan menengah. 

Jadi pengusaha UMKM dapat memasukkan transaksi harian usaha, mengambil data laba rugi, neraca dan bahkan sinkronisasi dengan uang kas harian atau uang kas di bank (bank-bank yang tersedia adalah akun bank bumn). 

Pada bagian akhir, pengusaha UMKM dapat langsung mengunduh laporan keuangan yang telah berstandar ikatan akuntan indonesia. Dan sekali lagi aplikasi ini gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.