8 Ide Bisnis UMKM Kreatif Paling Populer dan Wajib Dicoba

8 Ide Bisnis UMKM Kreatif Paling Populer dan Wajib Dicoba

Ide bisnis UMKM kreatif mencakup berbagai topik. Ide bisnis memungkinkan pengrajin suatu keterampilan untuk membuat mata pencaharian dari pekerjaan.  

Jika ingin menjual produk UMKM yang sedang Trending, dan meluas, seorang penjual yakin bahwa permintaan akan tinggi. 

Namun, permintaan tinggi bisa memunculkan pasar yang kompetitif. Atas hal tersebut penting untuk membuat ide bisnis yang kreatif.

Ide bisnis yang kreatif memiliki makna sebagai bagaimana cara seorang penjual membuat produk UMKM yang dimiliki agar berbeda dari penjual lainnya.

Menyeimbangkan hal ini adalah rumit, tetapi hal ini akan lebih mudah jika penjual dapat menyakinkan dirinya membuat ide bisnis UMKM kreatif yang dibutuhkan oleh konsumen dan bisa menjadi solusi baginya.

Jika anda sedang mencari ide bisnis UMKM kreatif yang unik, berikut adalah beberapa ide yang bisa dilakukan:

 

Bisnis Pembuatan Lilin

Pembuatan lilin adalah bidang yang sangat general, bisa dibuat oleh siapa saja. Ide bisnis UMKM kreatif ini, bisa dijadikan suatu bisnis yang berbeda dari penjual lainnya dengan cara mendiferensiasi jenis lilin yang ada atau melalui kualitas penawaran.

Meskipun dianggap sebagai barang komoditas, lilin bisa menjadi produk yang bervariatif, unik dan memiliki nilai tersendiri dengan sentuhan kreatifitas yang tepat.

Modal untuk memulai bisnis pembuatan lilin tidaklah besar, biasanya modal yang dikeluarkan penjual berkisar 100-200 ribu rupiah saja. Tetapi, margin keuntungan 50% atau lebih besar sangat mungkin untuk dicapai.

 

Bisnis Menjahit

Butuh ide usaha kreatif untuk usaha dirumah, menjahit dapat menjadi solusinya karena orang-orang senang dengan tampilan mode fashion masing-masing dan kenyamanan dalam pakaian menjadi hal yang utama.

Untuk itu, bisnis jahit dapat membantu orang-orang dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka dengan memberikan alternatif bagi orang-orang yang memiliki ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran standard yang ada.

Jika, ingin memulai bisnis ini modal yang diperlukan berkisar 3jt dan mendapatkan pendapatan tahunan berkisar antara 5jt-10jt, tergantung pada lokasi, pengalaman, dan jenis peralatan yang dimiliki bisnis.

 

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah bisnis yang mudah untuk dilakukan dengan modal yang minim dan perputaran uang untuk mendapatkan laba relatif lebih cepat dibandingkan dengan produk lainnya.

Terutama, makanan menjadi kebutuhan setiap orang dalam sehari-hari idealnya makan tiga kali sehari. Belum lagi, orang-orang tidak hanya membutuhkan makanan utama tetapi juga makanan pendamping seperti snack hingga minuman ringan. Hal ini, bisa menjadi ide bisnis UMKM kreatif.

Contoh usaha umkm kuliner ini dapat menghasilkan margin keuntungan dua kali dari modal yang dikeluarkan. sehingga bisnis ini sangat menjanjikan bagi anda yang hobi masak dan mempunyai cita rasa yang autentik.

 

Bisnis Pengembangan Etnis Budaya

Indonesia merupakan negara yang memiliki ragam budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, dan bahasa. Tak dipungkiri, hal tersebut dapat menjadi ide bisnis UMKM kreatif dengan mengembangkan produk UMKM dengan mengangkat ciri khas setiap budaya.

Misal saja, pengembangan produk corak kain etnis yang dipunyai oleh setiap daerah dapat dituangkan menjadi ide bisnis dengan membuat perpaduan perkembangan era menjadi kain yang tetap memiliki ciri khas daerah tetapi juga mempunyai kesan modern.

Bisnis ini dapat menghasilkan keuntungan yang fantastik walaupun dengan berbekal tradisional tetapi keunikan dan khas yang dipunyai setiap daerah membuat bisnis ini begitu berbeda.

 

Bisnis Aksesoris

Mengembangkan ide bisnis UMKM kreatif dengan menjual pernak-pernik atau aksesoris sangat menjanjikan. Modal yang dibutuhkan seminimal mungkin tetapi kita bisa memperluas rangkaian ide dengan memberikan inovasi beragam warna dan bentuk.

Bisnis ini, biasanya terdapat di tempat destinasi wisata saja. Namun, anda bisa melihat peluang dengan memanfaatkan media sosial sebagai ajang promosi dan pemasaran. Produk yang dihasilkan juga bisa menggunakan bahan daur ulang menambahkan bahan baku mutiara atau bahan silk untuk menambah kesan mewah.

jika, berbicara dengan modal yang digunakan dalam menjalankan bisnis ini tentu saja modal seminimal mungkin. Mengapa? karena bisnis ini lebih mengedepankan estetika atau keindahan yang menjadi nilai jual lebih produk yang dihasilkan.

Bisnis Tanaman

Bisnis tanaman menjadi ide bisnis di masa pandemi yang sedang trend dikalangan masyarakat. Orang-orang banyak menghabiskan waktu dirumah sehingga untuk mengusir rasa kejenuhan, orang-orang mulai memperhatikan lingkungan disekitarnya.

Kondisi ini tentu saja menjadi peluang yang ingin menjalankan bisnis tanaman memulai bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar dan penjual memungkinkan bisa meraup keuntungan berkisar 1jt per hari dengan margin 50 persen atau lebih besar.

Bisnis Keramik

Bisnis keramik merupakan contoh usaha kreatif dan inovatif yang banyak dicari, produk yang dihasilkan membutuhkan unsur estetika dan keunikan. 

Saat ini, keramik buatan tangan telah mempunyai jangkauan pasarnya sendiri di tengah-tengah konsumen. Konsumen sudah semakin terbuka dengan keunikan dari produk buatan tangan.

Modal untuk memulai bisnis keramik bisa menyesuaikan kebutuhan dari penjual sehingga modal yang diberikan bisa tergolong murah atau mahal sekali. Akan tetapi, keuntungan yang bisa dihasilkan berkisar puluhan juta.

Bisnis Fotografi 

Bisnis yang berawal dari hobi dapat membuat suatu kekonsistenan dalam menjalankan bisnis, karena dengan melakukan hobi yang anda sukai dan senang dalam melakukannya dapat menghibur anda, disamping itu bisa menghasilkan pendapatan tersendiri.

Fotografi dengan memiliki modal yang mahal tidak menjanjikan hasil fotografi yang bagus. Sehingga, untuk memulai bisnis ini dapat menempatkan budget anda sendiri dengan membuat ide dan konsep yang terbaik.

Dari contoh diatas kira-kira mana ide bisnis yang paling menarik menurut anda? boleh berikan komentar dibawah ini atau bisa sharing bisnis apa yang ingin kamu kembangkan! 

Beberapa ide bisnis UMKM kreatif tersebut, bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin mempunyai atau mengembangkan produk UMKM dengan menambahkan ide yang kreatif dan inovatif sehingga mempunyai ciri khas unik produk tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.